Selasa 29 Jun 2021 16:30 WIB

Empat Masjid Percontohan Singapura Vaksin 96 Persen Jamaah

Empat Masjid Percontohan Singapura Vaksin 96 Persen Jamaahnya.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Masjid Sultan di Singapura.
Foto: google.com
Masjid Sultan di Singapura.

IHRAM.CO.ID,SINGAPURA -- Dewan Agama Islam Singapura (MUIS) menunjuk empat masjid sebagai lokasi percontohan perluasan kuota jamaah shalat Jumat. Untuk menjalankan program ini, 96persen jamaahnya telah menerima dosis penuh vaksin Covid-19.

Upaya ini merupakan pembaruan dari uji coba yang dimulai 25 Juni lalu. MUIS mengataka 11 orang lainnya yang tidak sepenuhnya diinokulasi menghasilkan hasil pengujian pra-acara yang valid.

Baca Juga

Sebanyak 39 orang ditolak mengikuti uji coba karena berbagai alasan. Termasuk di dalamnya karena tidak divaksinasi lengkap dan tidak menjalani tes pra-acara.

Dilansir di Straits Times, Selasa (29/6), seorang individu dianggap sepenuhnya diinokulasi 14 hari setelah menerima dosis kedua vaksin.

Di bawah skema percontohan inu, empat masjid membuka zona tambahan per sesi untuk shalat Jumat.  Kuota tambahan diberikan untuk jamaah yang telah divaksinasi lengkap atau berhasil menjalani tes pra-acara.

Mereka diharuskan melakukan pendaftaran secara daring. 1.200 slot yang tersedia pada 25 Juni telah dipesan penuh.

Empat masjid yang dimaksud adalah Masjid Al-Istighfar di Pasir Ris, Masjid Ar-Raudhah di Bukit Batok, Masjid Assyafaah di Admiralty Lane dan Masjid Mujahidin di Stirling Road.

Untuk memastikan pengalaman sholat yang lebih lancar pada Jumat (2/7) esok, MUIS dan pihak masjid bekerja sama untuk mengingatkan jamaah tentang persyaratan masuk ke dalam masjid.

Dewan Agama Islam akan meninjau percontohan ini dan mengumumkan bagaimana serta kapan lebih banyak ruang untuk shalat Jumat dapat ditambahkan, di lebih banyak masjid setelahnya.

"Percontohan ini akan mempertimbangkan imbauan nasional untuk tempat ibadah. Ada 71 masjid di Singapura," kata MUIS.

Mereka juga mencatat ada sejumlah kecil jamaah yang tidak datang, tetapi tidak membatalkan pemesanan mereka.

Terkait hal ini, mereka meminta jamaah yang tidak dapat hadir untuk melakukan konfirmasi, agar orang lain diberi kesempatan mengambil alih slot tersebut.

Di bawah pedoman saat ini, masjid dapat menawarkan satu zona 50 ruang untuk beribadah tanpa pengujian pra-acara, atau hingga 250 ruang dengan pengujian pra-acara.

MUIS menyebut sebagian besar masjid saat ini menyediakan 50 ruang untuk shalat wajib berjamaah dan Jumat. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement