Selasa 29 Jun 2021 11:39 WIB

Lakukan Ini Jika Anak Harus Isolasi Mandiri

Anak harus isolasi 10 hari usai melakukan kontak dengan orang yang positif Covid-19.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Anak menjalani isolasi mandiri (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Anak menjalani isolasi mandiri (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua sebaiknya tidak panik ketika anak-anak diminta melakukan isolasi mandiri setelah dinyatakan positif Covid-19. Ada beberapa kiat yang bisa dilakukan di rumah supaya kesehatan mereka segera pulih.

Sejumlah saran tentang periode isolasi, siapa yang harus menemani isolasi, dan berapa lama waktunya bisa berbeda-beda tergantung kondisi buah hati. Ayah atau ibu di rumah perlu tetap berkepala dingin dalam menghadapi situasi tersebut.

Dilansir di laman Gloucestershire Live, Selasa (29/6), jika anak diidentifikasi melakukan kontak dekat dengan seseorang yang memiliki hasil tes Covid-19 positif, dia harus tinggal di rumah dan mengisolasi diri selama 10 hari. Perhatikan apakah anak mengalami gejala atau tidak.

Apabila anak tidak mengalami gejala apapun, maka anggota keluarga lainnya dapat melanjutkan aktivitas normal dalam periode 10 hari tersebut. Pada akhir periode, anak dapat kembali ke aktivitas normal tanpa isolasi.

Berbeda aturannya jika anak mengalami gejala Covid-19. Jika ada gejala, semua anggota keluarga yang sehat harus tinggal di rumah dan tidak meninggalkan rumah selama 10 hari sejak pertama kali gejala terlihat. 

Ini termasuk orang lain di luar keluarga yang masuk dalam gelembung terdekat. Disarankan tidak pergi bekerja atau pergi ke tempat umum. Aktivitas olahraga bisa dilakukan dari dalam rumah untuk sementara waktu.

Kegiatan berbelanja kebutuhan harian, membeli bahan makanan, memasok obat-obatan, atau mengajak hewan peliharaan jalan-jalan, harus meminta bantuan orang lain. Dengan catatan, orang itu bukan salah satu yang biasa mendiami rumah.

Dengan tinggal di rumah selama 10 hari, jumlah keseluruhan infeksi yang dapat ditularkan oleh rumah tangga kepada orang lain di dalam komunitas akan berkurang. Aturan berbeda jika ada individu rentan yang tinggal di dalam rumah.

Jika kasusnya demikian, pindahkan individu itu keluar dari rumah untuk tinggal bersama teman atau kerabat selama periode isolasi. Apabila tidak memungkinkan, jaga jarak sejauh mungkin dari anggota keluarga itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement