Selasa 29 Jun 2021 09:08 WIB

Elon Musk Kembali ke Dogecoin, Harganya Langsung Melesat

Miliarder Tesla, Elon Musk kembali menjadikan dogecoin sebagai proyek kesayangannya.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Elon Musk Blak-blakan Kembali Dukung Dogecoin, Harganya Langsung Melesat dalam 24 Jam Terakhir! (Foto: REUTERS/Aly Song)
Elon Musk Blak-blakan Kembali Dukung Dogecoin, Harganya Langsung Melesat dalam 24 Jam Terakhir! (Foto: REUTERS/Aly Song)

Miliarder Tesla, Elon Musk, kembali membuat dukungan kepada dogecoin sebagai proyek kesayangannya. Ia sekali lagi mengisyaratkan dukungannya untuk cryptocurrency yang dimulai sebagai lelucon itu. Alhasil, dalam 24 jam terakhir, harga dogecoin melonjak  tinggi, naik 5 persen setelah Musk mengumumkan hal tersebut.

Dilansir dari Forbes di Jakarta, Selasa (29/6/21) Musk mengatakan penting untuk mendukung proposal peningkatan dogecoin agar secara signifikan mengurangi biaya transaksi dogecoin. Pendiri SpaceX ini juga pernah mengatakan bakal membuat Doge sebagai "mata uang Bumi".

"Proposal kepada semua pemangku kepentingan dogecoin ini menyarankan untuk mengurangi biaya rata-rata 100x untuk transaksi standar pada rantai dogecoin, membagi kontrol penuh atas semua aspek biaya antara penambang dan operator node, kurang mengandalkan pengembangan inti, dan mengembalikan fungsi (kecil) gratis ruang transaksi yang memberi insentif untuk menjaga jaringan tetap sehat," ujar Patrick Lodder, pengembang inti dogecoin yang memposting ke utas Reddit yang merinci proposal peningkatan.

Baca Juga: Kripto Belum Mati! Elon Musk dan Jack Dorsey Bakal Buka-Bukaan soal Bitcoin!

Ledakan harga Dogecoin tahun ini naik 11.000% sejak 12 bulan lalu. Sam Bankman-Fried, kepala eksekutif miliarder pertukaran crypto FTX, menyebut dogecoin sebagai "aset dari tahun untuk 2020 dan 2021."

Musk yang menunjuk dirinya sebagai "technoking" Tesla pernah terpilih sebagai CEO dogecoin dalam jajak pendapat Twitter. Ia telah mengasingkan banyak komunitas bitcoin dengan dukungan dogecoin-nya dalam beberapa bulan terakhir. Banyak investor bitcoin juga percaya kejenakaan Musk akan merusak bitcoin.

Musk juga pernah mengatakan bahwa semua posting media sosial terkait dogecoin tidak boleh dianggap serius. Namun, dia secara konsisten men-tweet dukungan terhadap dogecoin.

Namun, meski membatalkan pembayaran Tesla dengan bitcoin beberapa waktu lalu, perusahaan mobil listrik itu terus memegang sebagian besar bitcoin senilai USD1,5 miliar (Rp21,7 triliun) yang dibelinya awal tahun ini.

Musk juga telah mengindikasikan bahwa dia bersedia untuk memulai kembali dukungan bitcoin dalam pembelian Tesla jika jaringan bitcoin aman dan memvalidasi transaksi penambang mengurangi jejak karbon setinggi langit jaringan bitcoin.

Pekan lalu, Musk juga akan terbuka menghadiri acara online yang berfokus pada bitcoin. Acara tersebut diselenggarakan oleh kepala eksekutif Twitter Jack Dorsey dan dirancang untuk membantu perusahaan dan institusi bitcoin. Sementara itu, harga bitcoin telah melonjak selama akhir pekan.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement