Rivalitas Tinggi, Skuad Jerman Bersemangat Hadapi Inggris 

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Suporter Jerman membawa balon elang untuk menonton pertandingan grup F Euro 2020 antara Prancis dan Jerman di Stadion Alianz Arena, Munich, Selasa (15/6). Para suporter memakai pernak-pernik dan dandanan unik untuk memberikan semangat timnas yang didukungnya. (Matthias Hangst/Pool via AP)
Suporter Jerman membawa balon elang untuk menonton pertandingan grup F Euro 2020 antara Prancis dan Jerman di Stadion Alianz Arena, Munich, Selasa (15/6). Para suporter memakai pernak-pernik dan dandanan unik untuk memberikan semangat timnas yang didukungnya. (Matthias Hangst/Pool via AP) Foto: Getty Pool
Inggris tak pernah mampu menyingkirkan Jerman di fase gugur sejak 1966.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Jerman akan berhadapan dengan Inggris di babak 16 besar Piala Eropa 2020 di Wembley, Selasa (29/6) malam WIB. Pelatih Jerman, Joachim Loew menyadari sejarah panjang persaingan antarkedua tim dan mengatakan para pemainnya bersemangat untuk pertandingan tersebut. 

Jerman, pemenang Euro pada tahun 1972, 1980 dan 1996, memiliki rekam jejak yang sukses baik di turnamen maupun dalam aksi kompetitif melawan Inggris. Tim nasional telah mencapai semifinal atau final Panser sejak mereka tersingkir lebih awal di Euro 2004 dan Inggris belum pernah mengalahkan Jerman dalam pertandingan sistem gugur turnamen besar sejak final Piala Dunia 1966. 

Loew juga yang memimpin Jerman saat menghajar  Three Lions di babak 16 besar Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, yang merupakan pertemuan kompetitif terakhir kedua negara. "Yah, saya pikir semua pertandingan yang telah terjadi antara Inggris dan Jerman, Anda membicarakannya selama bertahun-tahun sesudahnya," kata Loew dikutip dari Sky Sports, Selasa (29/6). 

"Ini adalah pertandingan yang menggetarkan semua orang, untuk kedua tim yang masuk dan keluar, menang dan kalah untuk sekarang atau tidak sama sekali, satu tim harus pulang. Ada banyak yang dipertaruhkan, apa yang saya rasakan adalah bahwa kami sangat termotivasi, semua para pemain juga," kata Loew menambahkan.

Sang pelatih memastikan tim telah menganalisis pertandingan sebelumnya melawan Hungaria. Dia mengaku semuanya menantikan pertemuan hebat yang akan datang malam ini. Loew akan lenih mengutamakan hasil dari pada permainan yang tampak spektakuler. 

"Kami seharusnya tidak berpikir untuk mencoba menyajikan banyak sepak bola yang spektakuler atau indah dan pada akhirnya kalah, Anda ingin memenangkan pertandingan seperti itu dan Anda dapat memenangkan pertandingan seperti itu hanya jika Anda menunjukkan kinerja yang baik," ujarnya. 

Menurutnya kedua tim bermain di level yang sangat bagus sehingga harus mengerahkan semua yang dimiliki oleh tim. Pemain harus tenang dalam situasi tertentu dan jangan keluar dari pertandingan. 

"Sebagai pelatih saya ingin memenangkan pertandingan ini, kami ingin memenangkan pertandingan ini dan pada akhirnya kami ingin lolos ke babak berikutnya, tidak masalah apa yang terjadi di lapangan tetapi kami harus memenangkan momen kunci yang menentukan," kata dia menegaskan. 

 

Terkait


Pemain Prancis Paul Pogba (kiri) berbicara kepada manajer Prancis Didier Deschamps pada pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2020 antara Prancis dan Swiss di stadion National Arena di Bucharest, Rumania, Selasa (29/6) dini hari WIB.

Deschamps Bertanggung Jawab Atas Kekalahan di Euro 2020

Pemain belakang Wales Joe Rodon (kiri) menyundul bola.

Legenda Wales Puji Aksi Joe Rodon di Euro 2020

Striker timnas Inggris Harry Kane.

Kai Havertz Anggap Harry Kane Striker Top

Penjaga gawang Swiss Yann Sommer menyelamatkan tendangan penalti Kylian Mbappe dari Prancis saat pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2020 antara Prancis dan Swiss di stadion National Arena di Bucharest, Rumania.

Mbappe Gagal Penalti, Prancis Tersingkir dari Euro 2020

Granit Xhaka dari timnas Swiss memberi isyarat pada pertandingan babak 16 besar kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Prancis dan Swiss di Stadion National Arena di Bucharest, Rumania, Selasa (29/6) dini hari WIB.

Xhaka Sesumbar Swiss Sudah Torehkan Sejarah

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image