Selasa 29 Jun 2021 02:58 WIB

Pemprov Kalteng Lakukan Jemput Bola Percepat Vaksinasi

Pemprov Kalteng lakukan metode jemput bola untuk mempercepat vaksinasi Covid.

vaksinasi covid-19 (ilustrasi)
Foto: AP/Dita Alangkara
vaksinasi covid-19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Pemerintah Provinsi Kalimatan Tengah (Pemprov Kalteng) terus berupaya mempercepat vaksinasi Covid-19 ke seluruh kabupaten/ kota di wilayah tersebut. Gubernur Kalteng Sugiarto Sabran berharap vaksinasi Covid-19 bisa membentuk herd immunity di tengah masyarakat terhadap Covid-19.

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Plt. Sekda) Pemprov Kalteng, Nuryakin, mengatakan untuk memastikan target vaksinasi Covid-19 tercapai, Pemprov melakukan metode jemput bola. "Hal ini sejalan dengan arahan Pak Gubernur pada kami, dan kami disuruh memonitor," katanya dalam keterangan tertulis.

Baca Juga

Nuryakin mencontohkan, Pemkot Palangka Raya telah melakukan metode jemput bola dengan melakukan vaksinasi massal di tempat-tempat umum seperti pasar, pusat perbelanjaan, taman, dan ruang publik lainnya. Menurutnya, cara jemput bola ini efektif untuk mempercepat vaksinasi di Kalteng.

"Ternyata ini sangat bagus, jadi kegiatan inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota bersama dengan Polres, Dinas Kesehatan, BPBD ini bisa menjadi contoh bagi Pemerintah Kabupaten/Kota yang berada di Kalimantan Tengah," ujarnya.

"Karena kan kita di faskes yang ada sudah terbuka semua, tapi kan tidak semua masyarakat itu bisa datang pagi, datang siang, atau mungkin kondisi pekerjaan, dia sekolah atau dia ada kegiatan lain. Nah sehingga jemput bola ini memang ini kita perlukan," ucapnya menambahkan.

Nuryakin berharap upaya percepatan vaksinasi tidak hanya dilaksanakan di tempat-tempat tertentu, tetapi bisa meluas ke berbagai tempat di mana terdapat kegiatan masyarakat. "Katakanlah suatu saat kita jemput bolanya di masjid, di gereja, jadi masyarakat itu bisa terlayani semua," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement