Selasa 29 Jun 2021 00:59 WIB

Kroasia Sukses Kejar Ketinggalan 3-3 Spanyol di Injury Time

Kroasia memasukkan dua gol di sisa 10 menit terakhir melawan Spanyol

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pemain Kroasia Mislav Orsic, kedua dari kiri, mencetak gol ke gawang Spanyol pada pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2020 antara Kroasia dan Spanyol, di stadion Parken di Kopenhagen, Denmark, Senin (28/7).
Foto: Wolfgang Rattay, Pool via AP
Pemain Kroasia Mislav Orsic, kedua dari kiri, mencetak gol ke gawang Spanyol pada pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2020 antara Kroasia dan Spanyol, di stadion Parken di Kopenhagen, Denmark, Senin (28/7).

REPUBLIKA.CO.ID, COPENHAGEN -- Timnas Spanyol nyaris menuntaskan perlawanan Kroasia dalam babak 16 besar EURO 2020 di Stadion Parken, Copenhagen pada Selasa dini hari ini (29/6). Krosia sukses menyamakan skor 3-3 di akhir babak kedua. Hingga berita ini dibuat, laga memasuki babak perpanjangan waktu.

Selama hampir 20 menit babak pertama, Spanyol mendominasi permainan. Berkali-kali El Matador mengancam gawang Kroasia. Beruntung penampilan luar biasa Dominik Livakovic mampu meredam gempuran tersebut.

Baca Juga

Peluang emas pertama Spanyol di menit ke-9, Cesar Azpilicueta yang melompat tinggi di dekat titik penalti dan menyundul bola hasil tendangan bebas, namun bisa diamankan Livakovic dengan mudah. Lalu di menit ke-13, Pablo Sarabia melepaskan tembakan yang melebar tipis dari tiang kiri gawang. Tiga menit berselang, Koke mendapat operan dan melepaskan tembakan rendah yang masih dapat diamankan Livakovic.

Petaka bagi Spanyol tiba di menit ke-20 dimana Pedri mencetak gol bunuh diri.  Operan kerasnya melenceng dan masuk ke gawang sendiri lantaran Unai Simon gagal mengantisipasinya.

Pasukan Luis Enrique kian panas akibat ketinggalan satu gol. Livakovic sempat sukses mementahkan peluang emas Jose Gaya yang melepaskan tembakan dari jarak dekat. Namun Livakovic gagal merespons bola merebound pada Pablo Sarabia di dalam kotak penalti. Sarabia sukses mengalahkan penjaga gawang dari jarak dekat di menit ke-38.

Krosia coba berbalik unggul lewat Mateo Kovacic yang memberi operan lewat celah sempit untuk Ante Rebic di masa injury time, namun kali ini Simon tampil maksimal mencegah kebobolan lagi. Hingga turun minum, skor 1-1 tak berubah.

Baru dua menit babak kedua dimulai, Azpilicueta kembali mengancam gawang Kroasia, tapi bisa diantisipasi. Peluang Koke dan Ferran Torres beberapa menit kemudian iuga mampu dihalau. Usaha Spanyol menuai hasil di menit ke-57 berkat sundulan Azpilicueta yang lepas dari jangkauan tangan Livakovic setelah memanfaatkan operan Torres.

Krosia nampak mulai kehilangan fokus. Luka Modric dihukum wasit usai menjatuhkan pemain Spanyol. Lalu Josip Juranovic mengirim umpan terlalu keras untuk dijangkau rekannya. Josko Gvardiol melewatkan peluang emas menyamakan skor di menit ke-67 lantaran tembakannya masih bisa ditangkap Simon.

Sinyal Kroasia menang kian lemah usai Torres mengubah kesempatan menjadi skor di menit ke-77. 1-3 untuk keunggulan Spanyol. Namun Krosia tak menyerah. Mislav Orsic berhasil memasukkan bola pada menit ke-84 setelah terjadi kemelut di depan gawang. 

Gol Orsic memacu ketegangan. Spanyol berusaha menjaga kemenangan yang kian dekat. Adapun Krosia masih menaruh harap menyamakan skor jelang beberapa menit lagi laga usai.

Umpan lambung Mislav Orsic sampai pada Mario Pasalic yang melompat paling tinggi dan melepaskan sundulan jarak dekat yang masuk ke sisi kanan gawang di injury time. Skor sama kuat 3-3.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement