Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Ciri-Ciri Jin yang Disebutkan dalam Alquran, Bisa Lihat Kita

Senin 28 Jun 2021 21:04 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Alquran menyebutkan sejumlah ciri-ciri yang dimiliki bangsa jin. ilustrasi jin

Alquran menyebutkan sejumlah ciri-ciri yang dimiliki bangsa jin. ilustrasi jin

Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Alquran menyebutkan sejumlah ciri-ciri yang dimiliki bangsa jin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Allah SWT menciptakan banyak makhluk yang hakikatnya tidak kita ketahui. Karena itu, satu-satunya jalan untuk mengetahui tentang jin adalah melalui wahyu, baik wahyu Alquran maupun melalui sunnah Nabi Muhammad SAW.  

Prof M Quraish Shihab, dalam buku berjudul “Makhluk Ghaib: Jin dalam Al-Qur’an”  menjelaskan, dalam Alquran ditemukan paling tidak lima kata yang sering digunakan untuk menunjuk makhluk halus dari jenis jin itu, yaitu jin, jan, jinnah, iblis, dan syaithan. 

Baca Juga

Lalu bagaimana wawasan Alquran tentang jin dan apa yang harus dipercayai oleh seorang Muslim tentang hal ini?

Menurut Qurasih Shihab, secara singkat dapat disimpulkan bahwa Alquran menjelaskan adanya makhluk ciptaan Allah yang bernama jin, yang tercipta dari api sebagaimana diakui iblis dan dibenarkan Alquran.

أَنَا خَيْرٌ مِنْهُ خَلَقْتَنِي مِنْ نَارٍ وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِينٍ “Aku lebih baik darinya (Adam). Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan Engkau menciptakannya dari tanah.” (QS Al Araf 12 ).

Penulis juga mengingatkan informasi Alquran yang menyatakan bahwa iblis itu termasuk golongan jin. Allah berfirman: 

 فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ كَانَ مِنَ الْجِنِّ “Iblis (enggan bersujud). Dia adalah dari golongan jin.” (QS Al Kahf  50).

Menurut Quraish, jin mempunyai ciri-ciri yang berbeda dengan ciri manusia. Antara lain, dia dapat melihat manusia sedangkan manusia tidak dapat melihatnya. 

إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْ ۗ “Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka.” (QS Al Araf  27).

Makhluk tersebut juga dapat hidup di bumi. Namun, Alquran tidak menjelaskan di mana, tetapi demikian iitulah perintah Allah kepadanya ketika Yang Mahakuasa mengusir dari surga bersama Adam. 

Mereka juga juga mempunyai kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan berat, seperti apa yang mereka lakukan untuk Nabi Sulaiman .

Dalam bukunya ini, Quraish Shihab banyak menjelaskan sosok jin berdasarkan ayat-ayat Alquran. Menurut dia, banyak sekali ayat Alquran yang redaksinya dapat dijadikan dalil untuk membuktikan adanya makhluk berwujud yang bernama jin.

Selain itu, buku ini juga juga menyuguhkan pengetahuan kepada para pembaca tentang jenis dan macam-macam jin, makanan dan cara makan jin, tempat dan waktu yang disukai jin, aneka bentuk jin, kemampuan jin, serta mengungkapkan bahwa jin bisa dimanfaatkan manusia.   

sumber : Harian Republika
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA