Frank De Boer akan Putuskan Masa Depannya di Timnas Belanda

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah

Pelatih kepala Belanda Frank de Boer.
Pelatih kepala Belanda Frank de Boer. Foto: EPA-EFE/Kenzo Tribouillard
Belanda tersingkir di babak 16 besar Euro 2020 dari Republik Ceko.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Frank De Boer akan memutuskan masa depannya sebagai pelatih timnas Belanda dalam beberapa pekan mendatang. Sikap ini ia ambil menyusul kegagalan Oranje di Euro 2020. 

Belanda harus takluk di tangan tim kuda hitam Republik Ceko dalam babak 16 besar Euro 2020, Senin (28/6) dini hari WIB. Tak tanggung-tanggung, De Oranje harus menyerah dengan skor 0-2 di Stadion Ferenc Puskas, Budapest, Hungaria.

Baca Juga

Media massa Belanda pun menyoroti kepemimpinan De Boer dan insiden handball yang membuat Matthijs De Ligt mendapat kartu merah di menit ke-55. Namun perihal ia mundur atau tidak menjadi paling dinanti.

"Saya tidak perlu menjawab pertanyaan itu sekarang (tentang masa depan melatih). Saya akan memikirkannya dahulu karena saya masih emosional sekarang. Ini bukan waktu yang tepat untuk mengambil keputusan," katanya seperti dilansir Dutch News, Senin (28/6). 

Di satu sisi, De Boer mendapat kritik tajam dari media massa setempat karena perjalanan Belanda yang antiklimaks di Euro 2020. "Ini merupakan penurunan dan kegagalan dengan semua kualitas yang dimiliki tim," kata Kepala Bidang Olahraga Harian Telegraaf, Valentijn Driessen.

Menurut Driessen, De Boer harus segera membuat kepastian soal posisinya saat ini setelah Belanda gagal. Ia meminta mantan pemain timnas Belanda era 1990-an itu segera menanggalkan jabatannya sebagai pelatih. 

"Dia harus membuat sikap tentang posisinya karena membiarkan tim tenggelam. Ini adalah akhir jalan (dari kepelatihan De Boer)," ujarnya. 

Terkait


Kapten Wales Gareth Bale di Euro 2020.

Bale Tegaskan Siap Bela Wales Usai Tersingkir dari Euro 2020

Cristiano Ronaldo dari Portugal bereaksi dengan frustrasi selama pertandingan babak 16 besar kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Belgia dan Portugal di stadion La Cartuja di Seville, Spanyol, Minggu, 27 Juni 2021.

Reaksi Ronaldo Setelah Portugal Tumbang di Euro Jadi Sorotan

Bek Prancis Presnel Kimpembe

Kimpembe Siap Dipasang Jadi Bek Kiri Prancis Lawan Swiss

 Kevin De Bruyne (tengah) dari Belgia meninggalkan lapangan setelah cedera saat pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Belgia dan Portugal di Seville, Spanyol, 27 Juni 2021.

Martinez Tunggu Kabar Cedera De Bruyne dan Hazard

Cristiano Ronaldo dari Portugal bereaksi selama pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2020 antara Belgia dan Portugal di stadion La Cartuja di Seville, Spanyol, Minggu, 27 Juni 2021.

Ekspresi Kekesalan Ronaldo Usai Disingkirkan Belgia

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image