Senin 28 Jun 2021 17:05 WIB

PGRI: Keselamatan dan Keamanan Siswa-Guru Hal Utama

PGRI telah melakukan pelatihan terhadap guru terkait pembelajaran selama masa pandemi

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Andi Nur Aminah
Seorang siswa berkebutuhan khusus mengikuti ujian semester di Sekolah Luar Biasa (SLB)
Foto: ANTARA Aswaddy Hamid
Seorang siswa berkebutuhan khusus mengikuti ujian semester di Sekolah Luar Biasa (SLB)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PGRI, Unifah Rosyidi mengatakan keselamatan dan keamanan siswa, guru, serta tenaga pendidikan adalah yang utama. Saat ini, ia mengatakan perlu melihat perkembangan dari daerah per daerah tentang situasi dan kondisi yang ada terkait dengan penyebaran Covid-19.

Unifah menjelaskan para guru selalu menyiapkan diri dengan berbagai cara. Baik untuk meningkatkan kapasitasnya melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kompetensi. PGRI juga telah melakukan pelatihan terhadap guru terkait pembelajaran selama masa pandemi.

Baca Juga

"Banyak juga daerah yang melakukan guru kunjung, termasuk di dalamnya sebenarnya para guru itu selama masa pandemi ini, tetap diwajibkan pemda datang ke sekolah," kata Unifah, saat menjadi pembicara dalam Forum Merdeka Barat 9, Senin (28/6).

PGRI mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah. Namun, dalam perkembangannya dengan situasi yang ada saat ini, pembukaan sekolah perlu mengutamakan keselamatan dan keamanan siswa, guru, orang tua, dan tenaga kependidikan.

"Artinya, kalau dari segi guru itu adalah persiapan untuk bekerja semaksimal mungkin. Hanya, kita selalu mengatakan bahwa pada akhirnya keselamatan guru, siswa, tenaga pendidikan adalah yang utama di atas segala-galanya," kata dia lagi.

Menurutnya, perlu dilakukan evaluasi terus menerus terkait pelaksanaan pembelajaran selama masa pandemi. Selain itu, ia juga mendorong adanya kerjasama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah agar pelaksanaan sekolah tatap muka bisa berjalan dengan baik dan tetap aman.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement