Senin 28 Jun 2021 15:16 WIB

Langkah Ronaldo dalam Persaingan Top Skorer Euro Terhenti

Pertanyaannya sekarang apakah Ronaldo masih akan bermain di Piala Eropa lagi?

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Kapten timnas Portugal Cristiano Ronaldo.
Foto: AP/Jose Manuel Vidal/Pool EPA
Kapten timnas Portugal Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, SEVILLA -- Portugal gagal mempertahankan gelar Piala Eropa (Euro) 2020 setelah dikalahkan Belgia 0-1 pada babak 16 besar di Stadion Olimpiade Sevilla, Spanyol, Senin (28/6) dini hari WIB. Itu artinya Cristiano Ronaldo juga terhenti memperebutkan gelar pencetak gol terbanyak alias top skorer turnamen kali ini.

Meskipun untuk sementara Ronaldo masih memimpin daftar pencetak gol terbanyak yaitu lima gol. Dilansir dari Marca, Senin, Ronaldo tak membuat pengaruh besar melawan Belgia. Bahkan ia hanya mendapatkan satu peluang dari tendangan bebas pada babak pertama yang memaksa kiper Thibaut Courtois harus menepisnya.

Total Ronaldo mencetak 14 gol di Piala Eropa sekaligus menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah kompetisi tersebut. Ia juga menyamai rekor gol internasional terbanyak sepanjang masa milik penyerang Iran Ali Daei yaitu 109 gol.

Pertanyaannya sekarang apakah Ronaldo masih akan bermain di Piala Eropa lagi? Tak ada yang tak mungkin apalagi bagi seorang Ronaldo yang selalu menjaga kebugarannya dengan ketat. Kini ia berusia 36 tahun dan jika masih bermain di Piala Eropa berikutnya pada 2024, ia akan berusia 39 tahun.

Piala Eropa 2020 merupakan penampilan kelima Ronaldo di turnamen tersebut. Sebelumnya Ronaldo tampil di Piala Eropa 2004, 2008, 2012, dan 2016. Ia memenangkan gelar juara pada 2016 dan pada 2004 sebagai runner-up. Pada 2008 Portugal mencapai babak perempat final dan 2012 hingga semifinal. Tahun ini hanya sampai babak 16 besar.

Ronaldo tampak kecewa usai pertandingan melawan Belgia. Mantan pemain Real Madrid tersebut langsung menuju ruang ganti usai laga setelah menyapa beberapa pemain di lapangan. Adapun rekannya masih memberikan tepuk tangan kepada penggemar.

Turnamen besar terdekat bagi Ronaldo adalah Piala Dunia 2022 di Qatar. Turnamen tersebut adalah turnamen yang belum pernah dimenangkan oleh Ronaldo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement