Senin 28 Jun 2021 14:41 WIB

Keimanan Bangsa Jin yang Diungkap Alquran

Alquran menceritakan ada jin yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran menceritakan ada jin yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan ada pula yang tidak beriman. Di dalam Surah Al-Jinn dijelaskan, ketika jin mendengarkan bacaan Alquran mereka mengakui kemukjizatannya dan beriman kepada Alquran. 

قُلْ اُوْحِيَ اِلَيَّ اَنَّهُ اسْتَمَعَ نَفَرٌ مِّنَ الْجِنِّ فَقَالُوْٓا اِنَّا سَمِعْنَا قُرْاٰنًا عَجَبًاۙ 

Baca Juga

Katakanlah (Muhammad), "Telah diwahyukan kepadaku bahwa sekumpulan jin telah mendengarkan (bacaan),” lalu mereka berkata, "Kami telah mendengarkan bacaan yang menakjubkan (Alquran). (QS Al-Jinn: 1)

Mengutip Tafsir Ringkas Kementerian Agama dijelaskan, di akhir surah sebelum Surah Al-Jinn yaitu Surah Nuh disebutkan doa Nabi Nuh atas perilaku kaumnya yang menolak dakwahnya. Di awal Surah Al-Jinn ini dijelaskan tentang dakwah Nabi Muhammad SAW dengan Alquran yang merupakan kitab suci yang amat mengagumkan dari segala aspeknya. 

 

Maksud ayat pertama dalam surah ini adalah, katakanlah wahai Nabi Muhammad kepada seluruh manusia, telah diwahyukan kepadaku melalui Jibril, bahwa sekumpulan jin telah mendengarkan bacaan Alquran, lalu mereka (jin) berkata, "Kami telah mendengarkan bacaan yang menakjubkan kata-kata maupun kandungan Alquran."

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement