Punya Generasi Emas, Belgia Dituntut Juara Euro 2020

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto

Thorgan Hazard (kanan depan) dari Belgia melakukan selebrasi dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol keunggulan 1-0 selama pertandingan sepak bola babak 16 besar Euro 2020 antara Belgia dan Portugal di Sevilla, Spanyol, 27 Juni 2021.
Thorgan Hazard (kanan depan) dari Belgia melakukan selebrasi dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol keunggulan 1-0 selama pertandingan sepak bola babak 16 besar Euro 2020 antara Belgia dan Portugal di Sevilla, Spanyol, 27 Juni 2021. Foto: EPA-EFE/Jose Manuel Vidal
Timnas Belgia diisi oleh pemain-pemain kelas dunia dari semua lini.

REPUBLIKA.CO.ID, SEVILLA -- Genarasi emas timnas Belgia telah menduduki peringkat satu dunia selama lebih dari seribu hari namun tanpa meraih trofi. Pertanyaan kini muncul apakah Belgia mampu mengangkat trofi Piala Eropa (Euro) 2020 atau kehilangan kesempatan selamanya sebab generasi itu tak lama lagi akan hilang.

Belgia mengalahkan juara bertahan Portugal dengan skor 1-0 pada babak 16 besar Piala Eropa, di Stadion Olimpiade Sevilla, Senin (28/6) dini hari WIB. Hasil tersebut menyamai kemenangan beruntun terpanjang  di turnamen besar, yaitu lima kali menang berturut-turut. Keduanya di bawah asuhan Roberto Martinez.

Diisi oleh pemain-pemain kelas dunia dari semua lini, Belgia harus siap menghadapi adangan yang lebih berat di perempat final, yaitu Italia. Turnamen ini merupakan kesempatan Belgia meraih kesuksesan di era generasi emasnya.

Jurnalis sepak bola Belgia Kristof Terreur mengatakan kepada BBC Radio 5 Live, Senin (28/6), Belgia mampu bertengger di peringkat satu dunia lebih dari seribu hari. Namun ia menyayangkan negeranya belum mempersembahkan gelar apapun. “Kami harus memberikannya sekarang. Sekarang atau tidak sama sekali untuk generasi ini,” katanya.

Terreur mengungkapkan perasaannya bahwa Belgia akan sukses di Piala Dunia 2018 meski harus gagal di semifinal. Tetapi Terreur tak merasakan perasaan itu hadir kembali di Piala Eropa. Kendati demikian, ia tetap optimistis Belgia punya modal memenangkan gelar terutama kualitas penyerang yang diisi oleh pemain berkualitas.

Ditambah dengan orang-orang di sekitar yang dapat membantu serangan Belgia semakin menakutkan, seperti adanya Thierry Henry. Legenda Arsenal itu adalah seorang pemenang yang membantu Romelu Lukaku menjadi seorang pemenang.

Terkait


Pelatih kepala Belanda Frank de Boer.

Frank De Boer akan Putuskan Masa Depannya di Timnas Belanda

Kapten Wales Gareth Bale di Euro 2020.

Bale Tegaskan Siap Bela Wales Usai Tersingkir dari Euro 2020

Cristiano Ronaldo dari Portugal bereaksi dengan frustrasi selama pertandingan babak 16 besar kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Belgia dan Portugal di stadion La Cartuja di Seville, Spanyol, Minggu, 27 Juni 2021.

Reaksi Ronaldo Setelah Portugal Tumbang di Euro Jadi Sorotan

Bek Prancis Presnel Kimpembe

Kimpembe Siap Dipasang Jadi Bek Kiri Prancis Lawan Swiss

 Kevin De Bruyne (tengah) dari Belgia meninggalkan lapangan setelah cedera saat pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Belgia dan Portugal di Seville, Spanyol, 27 Juni 2021.

Martinez Tunggu Kabar Cedera De Bruyne dan Hazard

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image