Nigel de Jong Kritik Mentalitas Belanda Lawan Ceko

Red: Yudha Manggala P Putra

 Reaksi Denzel Dumfries dari Belanda (kiri) setelah kalah dalam pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Belanda dan Republik Ceko di Budapest, Hongaria, 27 Juni 2021.
Reaksi Denzel Dumfries dari Belanda (kiri) setelah kalah dalam pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Belanda dan Republik Ceko di Budapest, Hongaria, 27 Juni 2021. Foto: EPA-EFE/Attila Kisbenedek
Nigel de Jong merasa timnas Belanda kurang memiliki keyakinan kuat untuk menang.

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST -- Belanda, secara mengejutkan, kalah dari Republik Ceko pada babak 16 besar Euro 2020. Tim Oranye kalah setelah bek De Ligt dikartu merah lalu Ceko cetak dua gol di Stadion Puskas Arena, Budapest, Senin (28/6) dini hari WIB.

Mantan pemain tengah Timnas Belanda Nigel de Jong mengungkapkan kekecewaannya atas kekalahan tersebut. Menurutnya hasil itu menunjukan performa buruk Belanda.

Ia melihat Belanda seperti kekurangan intensitas, agresi, dan mentalitas. Khususnya usai babak pertama dan kartu merah yang diberikan wasit.

"Kadang ketika mendapat kartu merah sebuah tim akan kembali berkumpul memperkuat diri, tapi Belanda tidak melakukan itu. Hari ini, tidak dimaksudkan untuk itu," ungkap De Jong pada ITV, dikutip BBC Sports, Senin (28/6).  

De Jong pun merasa Belanda seperti tidak punya keyakinan cukup untuk menang. Hal itu ia rasakan khususnya sepanjang pertandingan babak kedua.

"Tidak ada keyakinan setelah babak pertama usai, itu hilang. Tidak ada keyakinan untuk maju dan memenangkan pertandingan. Ada kekurangan keyakinan, intensitas, karakter, dan kami kekurangan pemimpin tepat," ungkap de Jong.  

Tim Oranje bermain dengan 10 orang pemain usai kartu merah yang diterima Matthijs de Ligt pada menit 55. Wasit mengusir bek tengah Juventus itu lantaran dinilai secara sengaja menghentikan laju bola dengan menggunakan tangan.

Ceko pun berhasil memanfaatkan keunggulan jumlah pemain. Pada menit ke-68, atau 13 menit setelah kartu merah De Ligt, Ceko berhasil merobek gawang Belanda melalui sundulan Tomas Holes. 

Saat laga memasuki 10 menit akhir, Ceko menambah keunggulan lewat sepakan Patrick Schick. Skor 2-0 ini bertahan hingga akhir pertandingan dan memastikan Ceko lolos ke babak delapan besar Piala Eropa 2020.

Terkait


Timnas Belgia.

Susunan Pemain Belgia Vs Portugal

Tomas Holes (tengah) dari Republik Ceko merayakan gol pembuka pada pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Belanda dan Republik Ceko di Budapest, Hongaria, 27 Juni 2021.

Ceko Singkirkan Belanda di Babak 16 Besar Euro 2020

Tim Swiss berpose sebelum pertandingan grup A kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Swiss dan Turki di Stadion Olimpiade Baku di Baku, Azerbaijan, Ahad (20/6).

Swiss Siap Cetak Sejarah Lawan Perancis

Raheem Sterling (kiri) dan Kai Havertz akan beradu dalam laga Inggris vs Jerman di 16 besar Euro 2020..

Jerman tidak Habiskan Waktu Berlatih Penalti

 Romelu Lukaku (tengah) dari Belgia mencetak keunggulan 2-0 saat laga penyisihan grup B UEFA EURO 2020 antara Finlandia melawan Belgia di St.Petersburg, Rusia, 21 Juni 2021.

Ancaman Itu Bernama Lukaku

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image