Ahad 27 Jun 2021 07:05 WIB

Ide Bermain di Rumah Saja Saat Libur Sekolah

Menonton film berbahasa Inggris bisa menjadi kegiatan saat libur sekolah.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Dwi Murdaningsih
Anak membaca buku (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Anak membaca buku (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Peribahasa yang tepat untuk siswa siswi yang sudah melewati ujian kenaikan kelas. Setelah ujian, ada waktu untuk bersenang-senang selama libur kenaikan kelas.

Namun, melihat penambahan kasus Covid-19, sebaiknya kita semua menahan diri untuk tidak berlibur ke luar kota atau ke luar negeri. Jangan sedih, masih ada alternatif lain yang bisa dilakukan di rumah saja selama libur kenaikan kelas.

Baca Juga

Kegiatan ini tentunya akan menyenangkan sekaligus bermanfaat, bisa mengisi waktu luang di hari libur panjang yang paling dinantikan anak sekolah. Berikut ini, ide-ide bermain di rumah, seperti dilansir dari siaran pers Ruangguru.

Menonton film atau series kesukaan bisa jadi jago bahasa asing

 

Terkadang banyaknya tugas dan ulangan dari sekolah membuat kita terlewat berbagai acara TV atau film kesukaan. Liburan bisa menjadi salah satu waktu untuk menonton film atau serial-serial. Tetapi jangan sampai terlalu asyik menonton hingga lupa waktu untuk istirahat ya!

Selain menonton, kita juga bisa belajar bahasa asing dari film kesukaan kita. Contohnya dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris.

Lakukan hobi untuk mengasah kemampuan non akademik

Terdapat beragam jenis hobi antara lain kesenian, olahraga, memasak, dan lain sebagainya. Hobi merupakan suatu kegiatan rekreasi di waktu luang untuk melepas penat. Setelah mengejar prestasi akademik selama di sekolah, kita juga perlu menyeimbangkannya dengan kegiatan non akademik.

Salah satunya adalah dengan menyalurkan hobi, kita juga bisa mengembangkan bakat dan kemampuan yang kita punya. Bahkan saat ini hobi itu bisa kita salurkan menjadi konten-konten di media sosial. Jadi, apa hobi kita? Apa pun hobinya, usahakan untuk tetap dilakukan di rumah saja ya! 

Melatih otak dengan bermain board game bersama keluarga

Bermain tentu menjadi hal menyenangkan untuk mengusir rasa bosan bagi anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Board game bisa menjadi salah satu alternatifnya, contohnya seperti bermain monopoli, ular tangga, atau kartu uno. Sekarang banyak variasi board game yang bisa dimainkan.

Kegiatan bermain ini ternyata juga bisa membuat ikatan dengan keluarga semakin erat. Selain itu, bermain board game juga bisa melatih kinerja otak, karena melalui permainan tersebut otak terstimulasi untuk berpikir secara kompleks dan membentuk memori.

Belajar berpikir kreatif dengan membuat kerajinan tangan

Banyak kerajinan tangan di kanal YouTube yang bisa ditiru. Contohnya seperti membuat gantungan kunci, menyulam, atau membuat benda lain yang berguna. Barang bekas pun bisa disulap menjadi wadah, pajangan, atau koleksi. 

Ternyata melakukan kegiatan ini bisa meningkatkan kreativitas kita. Kreativitas yang tinggi ini bisa melatih untuk menggunakan ide-ide baru dalam memecahkan masalah yang tidak terduga nantinya.

Menambah wawasan baru dari artikel atau buku

Buku adalah jendela dunia. Kit bisa membaca untuk mengisi waktu luang. Selain itu, membaca bisa meningkatkan literasi serta fungsi otak. Tak harus buku pengetahuan, buku fiksi pun bisa menjadi salah satu pilihannya.

Bila belum terbiasa membaca buku yang tebal, kita bisa memulainya dengan membaca artikel. Ada blog dari Ruangguru juga yang bisa kita akses untuk membaca fakta-fakta menarik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement