Ahad 27 Jun 2021 02:11 WIB

Pelatih Bahagia Buffon Kembali ke Parma

Mulai musim 2021/2022, Buffon akan membela Parma di Serie B.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Andri Saubani
Kiper Juventus Gianluigi Buffon  meneriakkan instruksi kepada rekan satu timnya pada pertandingan sepak bola Serie A Italia antara Juventus dan Napoli di Stadion Allianz di Turin, Italia, Kamis (8/4) dini hari WIB.
Foto: Fabio Ferrari / LaPresse via AP
Kiper Juventus Gianluigi Buffon meneriakkan instruksi kepada rekan satu timnya pada pertandingan sepak bola Serie A Italia antara Juventus dan Napoli di Stadion Allianz di Turin, Italia, Kamis (8/4) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, PARMA -- Pelatih anyar Parma Calcio, Enzo Maresco bahagia dengan kehadiran Gianluigi Buffon di klubnya. Eks kiper Juventus itu baru saja kembali ke Gialloblu.

Buffon mengakhiri petualangan di Juventus. Mulai musim 2021/2022, ia membela Parma di Serie B.

Baca Juga

Maresca menilai eks rekan setimnya masih termotivasi untuk memberikan yang terbaik. Kendati usia sang portiere telah menyentuh angka 43.

"Saya senang dengan kedatangannya. Saya mempercayai hasrat luar biasa darinya untuk terus membuat perbedaan dari semua sudut pandang," kata sosok yang musim lalu menjadi juru taktik Manchester City U-23 itu kepada Sportweek, dikutip dari Football Italia, Ahad (27/6).

Maresca dan Buffon pernah berbagi kamar ganti di Juventus. Tepatnya pada awal 2000-an.

Jelas, ia mengenal mantan kapten tim nasional Italia itu. Seseorang yang tak hanya berkelas secara teknis, tapi juga panutan di level personal.

"Saya bermain bersama dengannya, selama beberapa tahun. Saya memiliki pendapat luar biasa tentang dia, sebagai pemain, terutama sebagai seorang pria," ujar Maresca.

Buffon meninggalkan hiruk pikuk di level tertinggi. Ia merasa Parma, tempat ideal di penghujung karirnya.

Klub yang menjadi cinta pertamanya. Pada periode awalnya di Ennio Tardini, ia membela I Ducali dalam 220 laga di berbagai ajang.

Selama periode tersebut, ia meraih beberapa gelar utama. Dua di antaranya, trofi Coppa Italia dan Piala UEFA musim 1998/99.

Setelahnya, Buffon menuju Juve. Ia melegenda bersama Bianconeri. Dalam dua kesempatan memperkuat si Nyonya Tua, sang portiere tampil dalam 685 laga di berbagai ajang.

Ia mengoleksi 10 trofi scudetto. Kemudian ikut membantu pasukan hitam putih lolos ke tiga final Liga Champions.

Buffon merupakan pemegang rekor sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di timnas Italia level senior. Ia sudah mengoleksi 176 caps Gli Azzurri, dan menjadi juara dunia pada 2006 lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement