Ahad 27 Jun 2021 01:09 WIB

Bantai Wales 4-0, Denmark ke Perempat Final Euro 2020

Dua gol Denmark dicetak Kasper Dolberg.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Andri Saubani
Pemain Denmark Kasper Dolberg, tengah, merayakan golnya bersama rekan satu timnya pada pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2020 antara Wales dan Denmark, di Johan Cruyff Arena di Amsterdam, Belanda, Sabtu (26/6).
Foto: Koen van Weel, Pool via AP
Pemain Denmark Kasper Dolberg, tengah, merayakan golnya bersama rekan satu timnya pada pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2020 antara Wales dan Denmark, di Johan Cruyff Arena di Amsterdam, Belanda, Sabtu (26/6).

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Denmark akhirnya lolos ke perempat final Euro 2020, usai menaklukan Wales 4-0, Ahad (27/6) dini hari WIB. Dua gol dari Dolberg dan satu dari Maehle dan Braithwaite cukup membuat Denmark jadi negara pertama yang melaju ke perempatfinal dalam Euro 2020.

Wales memberikan ancaman lebih dulu ke gawang Denmark. Tendangan kaki kiri Gareth Bale nyaris membuat Wales unggul, jika sedikit melebar dari gawang. Menit ke-18, Daniel James juga ikut mencoba peruntungan dari tendangan jarak jauh, tapi bola masih tepat mengarah ke kiper Kasper Schmeichel.

Baca Juga

Permainan terbuka Wales dibayar mahal lewat gol dari Dolberg pada menit ke-27. Mendapatkan bola dari sisi kiri, Kasper Dolberg melakukan tendangan kaki kanan terarah untuk menaklukan kiper Ward. 1-0 Denmark unggul. Dolberg bahkan hampir mecetak gol kedua dalam waktu lima menit, saat menerima umpan Mikkel Damsgaard dari jarak dekat. Tapi sentuhannya masih membentur kiper.

Setelah unggul, Denmark yang pada 10 menit pertama ditekan oleh Wales, justru bermain lebih tenang. Denmark lebih banyak menguasai bola dan membuat pemain Wales melakukan kesalahan-kesalahan umpan maupun antisipasi. Denmark kembali memberikan ancaman pada menit 45, saat Joakim Maehle mendapatkan bola di tiang jauh. Tapi tendangannya masih bisa ditepis kiper. Sor 1-0 bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Denmark tak mengendurkan serangan. Tiga menit babak kedua kedua berjalan, Dolberg kembali membawa Denmark menambah keunggulan. Berawal dari kesalahan antisipasi Neco Williams, bola jatuh ke kaki Dolberg yang langsung melepaskan tendangan keras dari jarak dekat. 2-0 untuk Denmark.

Denmark bahkan nyaris menambah keunggulan, jika tendangan spekulasi Mathias Jensen tak membentur tiang pada menit 65. Andersen juga hampir membuat Denmark unggul tiga gol, jika saja tendangannya tak membentur tiang gawang. Denmark akhirnya bisa melengkapi performa impresif mereka dengan unggul 3-0, setelah aksi Maehle pada menit 88 kembali menjebol gawang Ward.

Frustrasi tak kunjung mencetak gol, Wales main kasar. Harry Wilson diganjar kartu merah usai melakukan tekel terhadap Maehle. Belum berhenti. Denmark kembali mengukuhkan dominasi mereka dalam pertandingan di Johan Cruyff Arena tersebut menjadi 4-0, lewat gol penutup dari Braithwaite. Skor bertahan hingga laga usai.

photo
Timnas Wales vs Timnas Denmark - (Republika.)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement