Sabtu 26 Jun 2021 20:24 WIB

2022, Asrama Haji bagi Warga Banten Bakal Dibangun di Tanger

Masyarakat Provinsi Banten akan memiliki asrama haji

Rep: Eva Rianti/ Red: Muhammad Subarkah
 Asrama Haji Bekasi, Jawa Barat. (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Suwandy
Asrama Haji Bekasi, Jawa Barat. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,TANGERANG -- Masyarakat Provinsi Banten akan memiliki asrama haji yang rencananya didirikan di Kota Tangerang pada 2022. Nantinya calon jamaah haji asal Banten akan memanfaatkan asrama haji tersebut dalam penyelenggaraan ibadah haji, setelah selama ini menggunakan asrama Pondok Gede di Jakarta Timur. 

Hal itu bakal terealisasi usai adanya penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) dan berita acara serah terima (BAST) lahan untuk asrama haji Provinsi Banten yang dilakukan di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Sabtu (26/6). Pada kesempatan itu, diserahkan hibah tanah seluas 4,4 Hektare (ha) yang berlokasi di Jalan KH. Hasyim Ashari, Kelurahan Cipondoh, Kecamatan Cipondoh oleh Pemerintah Kota Tangerang kepada Kementerian Agama RI.

 

"Tahun 2022 InsyaAllah Banten punya asrama haji di Kota Tangerang," tutur Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Nizar dalam keterangannya, Sabtu (26/6). Rencana pembangunan asrama haji itu disebut memakan anggaran sebesar Rp 40 miliar dengan kapasitas 800 orang. 

 

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah menuturkan, dibangunnya asrama haji di Kota Tangerang akan menciptakan dampak positif dalam hal efisiensi waktu dan tenaga bagi para calon jamaah haji. Salah satu efisiensi waktu yang dimaksud lantaran Bandara Internasional Soekarno-Hatta berada di Kota Tangerang.

 

"Nantinya akan lebih efisien karena tidak perlu lagi ke Pondok Gede dulu kalau mau berangkat haji," kata Arief. 

 

Dia melanjutkan, dengan ditandatanganinya NPHD dan BAST, proyek pembangunan asrama haji di Kota Tangerang diharapkan dapat segera terealisasikan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. "Tentunya akan berpengaruh positif pada segi perekonomian masyarakat sekitar asrama haji," ujar Arief.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement