Sabtu 26 Jun 2021 09:02 WIB

Pelatih Denmark Berharap Hubungan Spesial dengan Amsterdam

Pelatih Kasper Hjulmand mengeklaim sepak bola Denmark dipengaruhi Ajax Amsterdam.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Pelatih Denmark, Kasper Hjulmand.
Foto: X00227
Pelatih Denmark, Kasper Hjulmand.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Pelatih Denmark Kasper Hjulmand yakin hubungan besar Amsterdam dengan sepak bola Denmark akan membantu mengatasi Wales pada pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Johan Cruyyf Arena, Amsterdam, Sabtu (26/6) malam WIB. Denmark lolos ke babak ini dengan penuh emosi menyusul serangan jantung yang diterima Christian Eriksen pada laga pembuka melawan Finlandia. Setelah dua kekalahan di awal, Denmark lolos sebagai runner up Grup B dengan modal kemenangan 4-1 atas Rusia di laga terakhir.

Banyak pemain Denmark yang berkembang di Amsterdam termasuk Eriksen. Dia menghabiskan lima tahun bersama Ajax sebelum bergabung dengan Tottenham Hotspuer pada 2013.

Baca Juga

“Kami bermain di kandang lama Christian dan kami sangat bersemangat untuk memberikan segalanya melawan Wales. Jika ada klub di luar Denmark yang berarti bagi sepak bola Denmark, itu adalah Ajax,” kata Hjulmand jelang pertandingan dilansir dari Independent, Sabtu (26/6).

Ajax dinilai selalu meningkatkan kualitas pemain-pemain Denmark. Itu sebabnya hubungan Amsterdam dengan sepak bola Denmark tak bisa dipisahkan. Hjulmand menyatakan, filosofi sepak bola Ajax sehingga itu mengalir ke dalam sepak bola Denmark.

Denmark sedikit lebih beruntung daripada Wales. Mereka akan didukung sekitar 4.400 suporternya. Adapun Wales tanpa suporter ke stadion karena Inggris Raya masuk ke dalam daerah merah. Hanya untuk kebutuhan yang teramat penting barulah warga Inggris Raya diizinkan masuk ke Belanda.

“Kami memiliki koneksi yang besar ke kota ini dan saya berharap semua orang di Belanda akan merasakan hal yang sama di pertandingan ini. Mudah-mudahan mereka akan datang dalam warna merah dan putih dan bukan oranye, jadi saya berharap kami akan mendapat dukungan dari tempat yang indah ini,” katanya.

Ia menegaskan akan menunjukkan permainan bagus sebagai bentuk penghormatan kepada mereka yang hadir langsung ke lapangan untuk mendukung timnya. 

Sang pelatih juga memuji kekuatan mental pemainnya menghadapi situasi emosional sejak kolapsnya Eriksen dengan perkembangan permainan yang bagus setiap pertandingan penyisihan grup.

“Ini menunjukkan kekuatan yang kami miliki, baik mental maupun fisik. Kami telah menunjukkan kekuatan ini selama bertahun-tahun. Saya menghormati Wales, apa yang telah mereka lakukan selama beberapa tahun terakhir ini, tetapi pada saat yang sama kami merasa nyaman dengan apa yang kami lakukan dan kualitas yang kami miliki,” kata dia menegaskan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement