Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Belgia Percaya Diri Jelang Laga Lawan Portugal   

Sabtu 26 Jun 2021 02:12 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Belgia tidak hanya akan fokus mengawal pergerakan Ronaldo. Ilustrasi tim Belgia

Belgia tidak hanya akan fokus mengawal pergerakan Ronaldo. Ilustrasi tim Belgia

Foto: EPA-EFE/Dmitry Lovetsky
Belgia tidak hanya akan fokus mengawal pergerakan Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Belgia tidak mau cuma fokus untuk menjaga pergerakan Cristiano Ronaldo saat menghadapi Portugal dalam laga 16 besar Euro 2020 di Sevilla, Minggu (27/6), demikian pelatih Roberto Martinez.

Menurut Martinez, Portugal punya banyak amunisi di dalam skuadnya, tetap dia menegaskan Belgia siap untuk menghadapi tantangan yang ada. 

Baca Juga

"Tentu saja kami harus menggalang pertahanan dengan baik, tetapi ketika Anda hanya fokus ke seorang pemain, yang lainnya bisa melukai Anda," kata Martinez dikutip Reuters, Jumat (26/6).

Kewaspadaan atas Ronaldo patut diperlihatkan semua tim yang menghadapi Portugal, mengingat megabintang berusia 36 tahun itu saat ini merupakan top skor Euro 2020 dengan koleksi lima gol.

"Tentu saja Cristiano Ronaldo adalah pemain yang bisa menemukan momen, umpan dan posisi yang tepat sehingga Anda harus tetap waspada. Kita semua tahu dia adalah salah satu pesepak bola terhebat di dunia," ujar Martinez.

"Tapi tim Anda juga harus siap mengawal 10 pemain lainnya. Dengan cara Portugal bermain, mereka punya kelihaian dan kecepatan. Ada beberapa pemain Portugal yang punya karakter serupa dan kami harus bertahan dengan kompak dan solid sebagai sebuah tim.

"Anda bisa melihat alasan mengapa mereka sangat sukses belakangan ini, menjuarai Euro juga UEFA Nations League. Semuanya karena mereka punya mentalitas dan tahu bagaimana menjalani laga-laga akbar," katanya melengkapi.

Kendati banyak melontarkan pujian untuk Portugal, Martinez bersikeras bahwa ini sudah saatnya bagi Belgia melangkah sejauh mungkin di turnamen kali ini.

"Kami penuh kepercayaan diri dan punya momentum," katanya. "Kami tidak sabar untuk melihat sejauh mana kami bisa berkembang dan menikmati momen ini. Pada akhirnya, ketika kami menikmati keadaan, saat itu pula kami mengeluarkan kemampuan terbaik," tutup Martinez.

Berstatus peringkat pertama dunia seturut FIFA, Belgia menjadi salah satu tim unggulan dalam Euro 2020 dan merupakan satu dari tiga tim yang bisa menyapu bersih kemenangan di fase penyisihan grup.

Sayangnya dalam tiga turnamen terakhir, raihan terbaik Belgia hanyalah peringkat ketiga Piala Dunia 2018.Bila mampu menyingkirkan Portugal, di babak perempat final Belgia akan bertemu Italia atau Austria.  

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA