Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Hari UMKM, BSI dan Shopee Gelar Pelatihan Go Digital

Jumat 25 Jun 2021 23:09 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Bank Syariah Indonesia. Bank Syariah Indonesia bersama Shopee Indonesia menggelar peluncuran Pelatihan Go Digital bagi 1.000 UMKM

Bank Syariah Indonesia. Bank Syariah Indonesia bersama Shopee Indonesia menggelar peluncuran Pelatihan Go Digital bagi 1.000 UMKM

Foto: BSI
per Mei 2021 BSI telah menyalurkan pembiayaan UMKM mencapai Rp 33,06 triliun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka memperingati Hari UMKM Internasional, Bank Syariah Indonesia terus berupaya meningkatkan bisnis sektor mikro dan UKM melalui berbagai strategi, diantaranya penyaluran pembiayaan PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional), penyaluran pembiayaan KUR, sinergi pembiayaaan UMKM dengan pesantren, BUMN maupun lembaga lainnya, serta pelatihan bagi UMKM binaan.

Kali ini, Bank Syariah Indonesia bersama Shopee Indonesia menggelar peluncuran Pelatihan Go Digital bagi 1.000 UMKM di seluruh Indonesia yang dimulai sejak Juni hingga November 2021. Acara ini dihadiri oleh Direktur Retail Banking Bank Syariah Indonesia Kokok Alun Akbar, Plt Deputi Bidang Kewirausahaan Kementrian Koperasi & UKM Edhi Kusdiyarwoko, Direktur Pengaturan dan Perizinan Perbankan Syariah OJK Nyimas Rohmah, Kepala Kebijakan Publik Shopee Indonesia Radityo Triatmojo, Owner “Ina Cookies” Ina Wiyandini, dan CEO PT Warisan Kuliner Indonesia Danu Sofwan.

Kokok Alun Akbar menyampaikan, BSI menyadari bahwa 60 Juta UMKM di Indonesia merupakan tulang punggung ekonomi bangsa dan perlu mendapatkan dukungan serta akses dalam mengembangkan usaha, beradaptasi dengan teknologi yang memungkinkan untuk go digital. Selain melakukan inovasi produk sehingga tercipta UMKM yang berkelanjutan dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat. 

"Sebagai wujud komitmen Bank Syariah Indonesia dalam mengembangkan UMKM, per Mei 2021 Bank Syariah Indonesia telah menyalurkan pembiayaan UMKM mencapai Rp 33,06 triliun atau sebesar 22,57 persen dari total pembiayaan BSI. Angka ini disokong dari berbagai program dan sinergi pembiayaan dengan Pesantren, BUMN, maupun lembaga lainnya," ujar Alun.

Pelatihan terdiri dari proses pembinaan UMKM dari hulu ke hilir diantaranya memahami potensi bisnis online, customer behavior, fotografi produk, copywriting produk hingga pemasaran di e-commerce. BSI juga melakukan beberapa program strategis seperti pengembangan dalam bentuk pendampingan, pembiayaan, hingga edukasi dan literasi kepada UMKM di Indonesia.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA