Sabtu 26 Jun 2021 05:26 WIB

Ilmuwan Temukan Banyak Hal Aneh dengan Korona Matahari

Ilmuwan melihat data gerhana matahari selama 14 tahun untuk mempelajari korona.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Dwi Murdaningsih
Gerhana matahari sebagian di Liepupe, Latvia, 10 Juni 2021. Terjadi gerhana matahari sebagian di seluruh Latvia.
Foto: EPA-EFE/VALDA KALNINA
Gerhana matahari sebagian di Liepupe, Latvia, 10 Juni 2021. Terjadi gerhana matahari sebagian di seluruh Latvia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim peneliti yang dipimpin oleh Shadia Habbal dari University of Hawaii menemukan ada sesuatu yang tidak beres saat mengamati korona selama gerhana matahari total. Suhu dari daerah di mana angin matahari berasal tidak berubah sepanjang siklus matahari, meskipun suhu plasma magnet yang membuat struktur di dalam korona bisa tidak menentu. 

Peneliti di tim Habbal, Benjamin Boe, menemukan beberapa hal tak terduga dalam gambar gerhana matahari beresolusi tinggi selama 14 tahun. Hasil penelitian timnya baru-baru ini diterbitkan di Astrophysical Journal Letters.

"Hal yang paling mengejutkan bagi saya adalah jumlah struktur berskala halus yang dapat kami lihat di korona," kata Boe dilansir dari SYFY WIRE pada Jumat (25/6).

"Ini mengisyaratkan bahwa sebagian besar korona tidak tertutup, tetapi sebenarnya membuka garis medan magnet yang meluas ke luar angkasa," lanjut Boe.

Boe menyampaikan sebagian besar model sebelumnya mengasumsikan sebagian besar garis medan di sekitar matahari tertutup. Matahari dianggap berperilaku seperti gas lainnya karena pada dasarnya adalah bola plasma raksasa yang mengambang di angkasa.  Angin matahari didorong melalui ruang oleh fenomena seperti suar dan lontaran massa koronal. 

"Ini bisa sangat mengacaukan jaringan listrik di Bumi, mengacaukan satelit, dan menjadi bahaya bagi astronot di ISS (stasiun luar angkasa internasional--Red)," sebut Boe.

Para peneliti menemukan suhu daerah yang menimbulkan angin matahari ketika mereka mempelajari dua jenis ion besi yang biasa terjadi di korona. Mereka melihat bahwa partikel yang relatif lebih dingin membentuk angin matahari, dan ini hampir tidak berubah selama siklus matahari 11 tahun. 

Mereka cenderung memperbesar dengan kecepatan sekitar 185-435 mil per detik. Boe percaya bukti berarti bahwa apa pun yang memanaskan korona dan angin matahari tidak terlalu peduli dengan siklus karena tampaknya melakukan apa pun yang diinginkannya. 

"Fakta bahwa pada dasarnya kami menemukan ion yang sama selalu dominan menyiratkan pemanasan angin matahari agak tidak sensitif terhadap siklus matahari," ujar Boe. 

Gerhana matahari total akan terjadi kira-kira setiap setengah tahun. Kadang-kadang bahkan koronagraf tidak dapat melihat seberapa jauh seluruh korona mencapai ruang angkasa. Itulah sebabnya tim Habbal bergantung pada gerhana dan mengamatinya di mana-mana dari Oregon ke Mongolia hingga ke Arktik.

"Tujuan kami untuk memberikan konteks pengamatan kuat dan kendala untuk upaya pemodelan di masa depan untuk digunakan, yang kemudian akan membahas mekanisme pemanasan," ucap Boe.

Gerhana matahari total berikutnya akan terjadi pada 4 Desember tahun ini, tetapi Anda tidak akan dapat melihatnya di mana pun di sekitar sini. Anda harus berada minimal di Antartika guna coba menyaksikannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement