Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Tersangka Kasus Mutilasi Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana

Jumat 25 Jun 2021 19:17 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Ilustrasi pembunuhan.

Ilustrasi pembunuhan.

Berkas perkara pemeriksaan terhadap tersangka HP hampir selesai.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Penyidik dari Unit Reskrim Polsek Banjarmasin Barat menjerat tersangka kasus mutilasi dengan pasal pembunuhan berencana. Tuntutan ini lebih berat dari rencana sebelumnya.

"Memang benar, dari hasil pemeriksaan dan rekontruksi kasus mutilasi itu terlihat tersangka ada rencana untuk membunuh korban," ucap Kepala Polsek Banjarmasin Barat, AKP Faizal, di Banjarmasin, Jumat.

Baca Juga

Ia bilang, dengan ditetapkan pasal 340 KUHP  tentang pembunuhan berencana maka ancaman hukuman terhadap tersangka yaitu hukuman mati atau maksimal 20 tahun penjara pidana. "Awalnya, kami tetapkan pasal 338 KUHPidana tentang pembunuhan namun saat berjalannya penyidikan terungkap ada unsur berencana sehingga pasal diubah jadi pasal 340," ujar dia.

Saat ini, jelas dia, berkas acara pemeriksaan untuk tersangka kasus mutilasi berinisial HP (40) hampir selesai. Saksi-saksi dan tersangka sangat koperatif pada saat diperiksa. "Tersangka HP sangat koperatif saat diperiksa dan dia menceritakan tahap demi tahap kronologis kejadian pembunuhan itu," kata dia.

Korban berinisial RH (40) seorang wanita, warga Jalan Sejahtera Gang II Sampurna Banjarmasin Tengah. Sedangkan untuk kejadian pembunuhan tersebut terjadi di Jalan Belitung, Gang Keluarga, RT007 Kelurahan Belitung Selatan, Kecamatan Banjarmasin Barat.

"Polsek setempat menerima laporan warga pada Rabu (2/6/) pagi, sekitar pukul 06.00 WITA dan langsung ke tempat kejadian ternyata benar adanya telah terjadi pembunuhan dengan korban seorang wanita di mutilasi," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA