UEFA Investigasi Insiden pada Laga Hungaria di Budapest

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Pendukung Hungaria bersorak mendukung timnya dalam laga penyisihan Grup F EURO 2020 melawan Prancis di Puskas Arena, Budapest, Hungaria.
Pendukung Hungaria bersorak mendukung timnya dalam laga penyisihan Grup F EURO 2020 melawan Prancis di Puskas Arena, Budapest, Hungaria. Foto: EPA-EFE/Alex Pantling
Fan Hungaria dianggap menunjukkan sikap diskriminatif terhadap golongan lain.

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST -- UEFA menunjuk investigator untuk menyelidiki potensi adanya diskriminasi dalam pertandingan Hungaria di Euro 2020 di kandang sendiri. Tidak disebutkan apakah insiden dalam pertandingan Hungaria kontra Jerman di Muenchen, Kamis (24/6) dini hari WIB, juga masuk dalam penyelidikan. 

Dikutip dari AP, Jumat (25/6), investigasi terpisah telah dibuka dalam dua laga Hungaria melawan Portugal dan Prancis di Puskas Arena, Budapest. Dalam dua laga itu, fan Hungaria menunjukan banner anti-gay dan menyanyikan slogan homophobia di stadion mereka. Fan juga memprotes pemain yang berlutut untuk mendukung kesetaraan.

Baca Juga

Aksi ini mendapatkan 'balasan'. Seorang fan Jerman kemudian berlari ke lapangan sambil mengayunkan bendera pelangi, tanda dukungan kepada LGBT, kepada pemain Hungaria yang tengah menyanyikan lagu kebangsaan mereka di dalam Stadion Allianz Arena, Muenchen. Masih belum jelas apakah investigasi terakhir UEFA termasuk insiden yang melibatkan fan Jerman tersebut. 

Ketegangan telah terjadi sebelum pertandingan Jerman vs Hungaria, saat walikota Muenchen ingin menyalakan lampu Stadion Allianz Arena dengan warna pelangi. Keputusan itu kemudian mendapatkan protes dari pemerintah Hungaria. UEFA kemudian melarang penyalaan lampu pelangi.

Pemerintah Hungaria mendapat sorotan dari Eropa karena mengajukan RUU anti-LGBT. Sementara di berbagai negara Eropa, termasuk UEFA, tengah sibuk mengkampanyekan dukungan mereka terhadapan kelompok LGBT. 

Hungaria telah tereliminasi dari Euro 2020, tapi Budapest akan menjadi tuan rumah laga Belanda vs Republik Ceska.

Terkait


Infografis Belanda vs Republik Ceko

Infografis Belanda vs Republik Ceko: Ajang Pembuktian

Denmark vs Wales di 16 besar Euro 2020, adu tajam Gareth Bale dan Martin Braithwaite.

Infografis Wales Vs Denmark: Adu Dua Kuda Hitam

 Mikkel Damsgaard dari Denmark merayakan gol ke gawang Rusia di Euro 2020.

Performa Damsgaard Sita Perhatian Empat Klub Eropa

 Karim Benzema dari Prancis (kanan) bereaksi dengan Cristiano Ronaldo dari Portugal selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Portugal dan Prancis di Budapest, Hongaria, 23 Juni 2021.

Benzema Ungkap Isi Hatinya Soal Ronaldo

Jadon Sancho

Jadon Sancho Jadi Pemain yang Ditakuti Jerman, Ini Alasannya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image