Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Ada Fitur Biometrik, Buka Rekening BSI Kurang dari 5 Menit

Jumat 25 Jun 2021 19:49 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Dwi Murdaningsih

 Seorang nasabah menunggu gilirannya untuk memigrasikan rekening bank konvensional ke rekening bank syariah, di cabang Bank Syariah Indonesia (BSI) di Banda Aceh, Indonesia, 07 Juni 2021.

Seorang nasabah menunggu gilirannya untuk memigrasikan rekening bank konvensional ke rekening bank syariah, di cabang Bank Syariah Indonesia (BSI) di Banda Aceh, Indonesia, 07 Juni 2021.

Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Fitur baru memungkinkan calon nasabah tidak perlu videocall, saat tahap verifikasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menggunakan fitur terbaru biometrik untuk membuat pembukaan rekening online menjadi lebih cepat. Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi mengatakan, buka rekening di BSI Mobile kini bisa kurang dari lima menit.

"BSI terus melakukan transformasi digital untuk menghadirkan kemudahan dan kenyamanan layanan keuangan bagi nasabah dan masyarakat, termasuk membuka rekening secara daring," katanya dalam keterangan, Jumat (25/6).

Baca Juga

Melalui pengembangan aplikasi BSI Mobile yakni fitur terbaru Know Your Customer-Biometric, BSI menargetkan pembukaan rekening online mencapai 1 juta nasabah. Dengan fitur anyar yang dilengkapi keunggulan sistem biometrik, calon nasabah BSI kini dapat membuka rekening tabungan secara online atau digital onboarding dengan cepat, mudah dan seamless.

Hery mengatakan, BSI terus berinovasi melalui berbagai pengembangan digital sebagai bagian dari langkah transformasi digital yang sudah dicanangkan sejak diresmikan pada 1 Februari 2021. Ini sejalan dengan aspirasi perusahaan untuk menjadi bank yang modern dan inklusif.

"Kami akan terus menyasar milenial dan generasi Z, melalui produk-produk layanan digital, sehingga akan muncul generasi-generasi Syariah atau Gensy," katanya.  

Selain itu, Hery berkomitmen mewakafkan diri untuk terus melakukan literasi syariah melalui  bank syariah terbesar di Indonesia. Untuk diketahui, fitur biometrik menjadi salah satu verifikator pembukaan rekening online melalui verifikasi foto wajah yang terintegrasi dengan data kependudukan dari Disdukcapil.

Dengan fitur ini memungkinkan calon nasabah tidak perlu videocall, saat tahap verifikasi data diri pada proses pembukaan rekening secara daring. Selain itu, dengan adanya fitur biometrik, waktu yang dibutuhkan untuk pembukaan rekening akan menjadi lebih singkat, yakni kurang dari lima menit hingga proses terbentuknya nomor rekening online.

"Tentunya dari sisi keamanan, privacy, dan legalitas sudah disetujui dan diawasi oleh OJK," kata Ketua Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) ini.

Dengan teknologi ini, calon nasabah BSI tidak perlu antri atau datang ke kantor cabang BSI. Sehingga membuka rekening syariah menjadi efektif dan efisien, serta nyaman bagi calon nasabah, di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA