Jumat 25 Jun 2021 14:32 WIB

Jelang Inggris vs Jerman, Popularitas Klopp Dibicarakan

Kepribadian Klopp mengundang daya tarik banyak penggemar di tanah Inggris.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Akbar
 Jurgen Klopp
Foto: AP/Laszlo Balogh
Jurgen Klopp

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Kapten Liverpool Jordan Henderson mengatakan popularitas Jurgen Klopp bersama The Reds melunakkan persaingan di level timnas yaitu antara Inggris dan Jerman.

Kedua kesebelasan ini seperti diketahui akan saling berhadapan pada babak 16 besar Piala Eropa, di Stadion Wembley, Selasa (29/6) malam WIB.

Henderson menjalin hubungan dekat dengan Klopp pelatih asal Jerman tiba di Anfield pada 2015. Kepribadian Klopp mengundang daya tarik banyak penggemar di tanah Inggris. Henderson mengakui Klopp memiliki pengaruh besar di sepakbola Inggris.

"Kharisma yang dia miliki, banyak orang mencintainya bahkan jika Anda adalah penggemar netral. Dia memiliki peran besar [untuk dimainkan] dalam sepak bola Inggris di Liga Premier,” ujarnya dilansir dari Skysports, Jumat (25/6).

Henderson mengungkapkan Klopp mengirimkan pesan kepadanya usai  penyisihan grup Piala Eropa berakhir dan tahu Inggris akan melawan Jerman di babak 16 besar. Dalam pesan singkat tersebut Klopp mengirimkan emoji wajah tersenyum.

Skuad Inggris pada turnamen ini diisi oleh sebagian besar pemain muda. Menurut Henderson itu sesuatu yang positif. Mereka banyak mengeluarkan kemampuannya dan bermain tanpa rasa takut. Modal tersebut perlu dikeluarkan ketika melawan Jerman.

"Pergi dan nikmati, pergi dan tunjukkan kepada semua orang betapa bagusnya Anda, tetapi gunakan gairah dan emosi dengan cara yang benar untuk memberi Anda energi untuk permainan, karena itu bisa menjadi perbedaan,” kata Henderson.

Henderson akan mencoba membantu mereka dengan pengalamannya sekaligus memastikan para pemain ada pada kerangkan berpikir yang benar ketika masuk ke lapangan. Henderson mengeklaim seluruh pemain sedang dalam kondisi siap menghadapi pertandingan besar.

Dan Henderson yakin pemain Inggris tak akan gugup bermain di laga besar karena mereka terbiasa bermain di kompetisi besar seperti final Liga Champions dan final lainnya. Meskipun mereka masih muda, Henderson yakin pemain muda tersebut sangat menantikan laga melawan The Panser.

Henderson juga yakin skuadnya kuat secara mental dan lebih tangguh daripada tim Inggris di masa lalu. Mentalitas pemain Inggris berubah dari tahun ke tahun menjadi lebih baik. Henderson juga mengisyaratkan Inggris tak akan mengubah pendekatan bermain melawan Jerman.

"Dengan bola, sangat penting untuk mempertahankannya, terutama melawan Jerman yang memiliki pemain bertalenta yang bisa mendominasi permainan,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement