Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Pakistan Prihatin atas Peningkatan Kekerasan di Afghanistan

Jumat 25 Jun 2021 14:37 WIB

Red: Nur Aini

Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi pada Kamis (24/6) mengungkapkan keprihatinan atas meningkatnya kekerasan di Afghanistan.

Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi pada Kamis (24/6) mengungkapkan keprihatinan atas meningkatnya kekerasan di Afghanistan.

Menlu Pakistan mengatakan kerusuhan di Afghanistan mempengaruhi negaranya dan Iran

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi pada Kamis (24/6) mengungkapkan keprihatinan atas meningkatnya kekerasan di Afghanistan. Menlu Pakistan itu mengatakan kerusuhan di Afghanistan mempengaruhi Pakistan dan Iran.

Berbicara dengan utusan khusus Iran untuk Afghanistan Muhammad Ebrahim Taherian Fard, yang mengunjunginya di ibu kota Islamabad, Shah Mahmood Qureshi mengatakan bahwa meningkatnya kekerasan di Afghanistan dapat memperkuat pasukan anti-perdamaian.

Baca Juga

"Hanya penyelesaian politik yang dinegosiasikan, melalui proses politik yang dipimpin dan dimiliki Afghanistan, yang akan membantu mencapai tujuan yang diinginkan dari perdamaian dan stabilitas berkelanjutan di Afghanistan," kata menteri Pakistan itu dalam sebuah pernyataan.

Dia mendesak pihak-pihak di Afghanistan untuk memanfaatkan kesempatan ini dan memanfaatkan dukungan internasional untuk proses perdamaian. Qureshi menyebut meningkatnya kekerasan adalah masalah yang sangat memprihatinkan dan dia menekankan perlunya mengurangi kekerasan yang mengarah pada gencatan senjata.

“Kekerasan yang terus berlanjut akan memperkuat tangan para pengganggu yang tidak ingin melihat kembalinya perdamaian di kawasan itu,” kata Qureshi.

Menekankan Pakistan dan Iran telah menderita karena ketidakstabilan di Afghanistan, menlu Pakistan menekankan perlunya koordinasi yang erat antara kedua negara. Dia juga mengucapkan selamat kepada presiden Iran terpilih Ebrahim Raeisi atas kemenangannya dalam pemilu baru-baru ini dan menegaskan kembali komitmennya untuk lebih meningkatkan hubungan bilateral di semua bidang.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/pakistan-prihatin-atas-peningkatan-kekerasan-di-afghanistan/2284731
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA