Jumat 25 Jun 2021 12:53 WIB

Tornado Landa Ceko, Setidaknya 150 Orang Terluka

Badai tornado melanda Ceko tepatnya di sejumlah wilayah Moravia Selatan, Kamis (24/6)

Rep: Puti Almas/ Red: Christiyaningsih
Tampak dari udara kondisi rumah yang rusak akibat disapu tornado. Ilustrasi.
Foto: Jeff Tuttle/AP
Tampak dari udara kondisi rumah yang rusak akibat disapu tornado. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PRAHA — Badai tornado melanda Ceko tepatnya di sejumlah wilayah Moravia Selatan pada Kamis (24/6). Sedikitnya 150 orang dilaporkan terluka dalam bencana ini, disertai dengan banyak kerusakan besar.

Kerusakan serius terjadi setidaknya di tujuh desa. Banyak rumah hancur dan saat ini pencarian serta penyelamatan sedang dilakukan pihak berwenang untuk orang-orang yang diduga masih terjebak di bawah bangunan yang runtuh.

Baca Juga

Sebuah tim penanggulangan bencana telah dikerahkan di Moravia. Menteri Dalam Negeri Ceko Jan Hamacek mengatakan sejumlah besar petugas pemadam kebakaran, ambulans, dan regu khusus sudah dikirim ke lokasi.

“Tornado menghancurkan setengah dari permukiman kami. Yang tersisa hanyalah dinding rumah,” ujar Wakil Wali Kota Hrusky, salah satu wilayah yang paling parah terkena badai, Merek Babis, dilansir Anadolu Agency pada Jumat (25/6).

Menurut Babis, angin puting beliung juga merobohkan atap gereja dan sekolah di Hrusky, serta menumbangkan pohon berusia 100 tahun. Ia mengatakan situasi tersebut sangat mengerikan dan saat ini prosedur evakuasi masih dilakukan.

sumber : https://www.aa.com.tr/en/europe/at-least-150-injured-as-tornado-strikes-czech-republic/2284700
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement