Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Silver Solution, Apa Betul Ampuh untuk Covid-19?

Jumat 25 Jun 2021 12:20 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda

Silver Solution, produk yang dipromosikan evangelis kenamaan AS, Jim Bakker, telah dilarang peredarannya karena tidak terbukti berkhasiat untuk mencegah dan mengobati Covid-19.

Silver Solution, produk yang dipromosikan evangelis kenamaan AS, Jim Bakker, telah dilarang peredarannya karena tidak terbukti berkhasiat untuk mencegah dan mengobati Covid-19.

Foto: kansascity.com
Silver Solution diklaim sebagai suplemen yang ampuh lawan Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengadilan Missouri memerintahkan televangelist kenamaan Amerika Serikat (AS), Jim Bakker, dan Morningside Church Productions Inc untuk berhenti mengiklankan dan menjual suplemen Silver Solution. Bakker juga harus membayar ganti rugi sebesar Rp 2,250 miliar kepada pengikutnya yang telah membayar atau memberikan kontribusi demi mendapatkan produk tersebut pada awal masa pandemi.

Ganti rugi itu ditujukan untuk menyelesaikan gugatan yang menuduh Bakker telah membuat klaim keliru bahwa koloid perak (colloidal silver) dapat menyembuhkan Covid-19. Dilansir AP, Jumat (25/6), catatan pengadilan Missouri menunjukkan kesepakatan penyelesaian telah diajukan pada Selasa (22/6) lalu.

Silver Solution selama ini dipromosikan sebagai obat untuk mendiagnosis, mencegah, mengurangi, mengobati, atau menyembuhkan penyakit atau gangguan apa pun. Bakker, dalam perjanjian, tidak mengakui kesalahannya.

Jaksa Agung Missouri dari Partai Republik Eric Schmitt menggugat Bakker dan Morningside pada Maret 2020. Schmitt mengajukan diterbitkannya perintah untuk menghentikan Bakker menjual Silver Solution sebagai pengobatan Covid-19.

Bakker selama ini menjual produknya itu lewat program TV streaming-nya, The Jim Bakker Show. Gugatan itu mengatakan, Bakker dan seorang tamu membuat klaim penyembuhan melalui 11 episode acara tersebut pada Februari hingga Maret 2020.

Dalam rilis berita pada Rabu (23/6), Schmitt mengatakan, Bakker telah memberikan ganti rugi kepada sejumlah konsumen. Ia masih Bakker harus mengembalikan 90 ribu dolar AS atau setara dengan Rp 1,3 miliar kepada pengikutnya.

Acara TV streaming Jim Bakker selama satu jam difilmkan di Missouri barat daya. Perjanjian persetujuan mencatat bahwa selama program, Silver Solution ditawarkan kepada mereka yang setuju untuk menyumbang 80 dolar AS hingga 125 dolar AS atau setara Rp 1,3 juta hingga Rp 1,8 juta.

Pengacara Bakker, Derek Ankrom dan mantan Gubernur Missouri dari Demokrat, Jay Nixon mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama bahwa  Bakker dan Morningside Church Productions menilai kasus Silver Solution bisa dikesampingkan. Bakker disebut tetap dapat melanjutkan pekerjaan pentingnya di Gereja Morningside.

Mereka mencatat, dalam perjanjian tersebut tidak ada temuan apa pun yang menyebut kliennya melanggar undang-undang atau menyesatkan konsumen. Nixon sebelumnya mengklaim Bakker menjadi sasaran fitnah yang tak adil oleh mereka yang ingin menghancurkan pelayanannya.

Nixon menyebut, ada orang-orang yang memaksa program televisi Kristennya tidak ditayangkan. Dia juga berpendapat, Bakker tidak mengklaim Silver Solution adalah obat untuk Covid-19.

Baca Juga

Pernyataan seperti apa yang dinilai menyesatkan dan apa sebetulnya Silver Solution?

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA