Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

KA Baturraden Ekspres Resmi Diluncurkan

Jumat 25 Jun 2021 10:47 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Bilal Ramadhan

Stasiun Purwokerto

Stasiun Purwokerto

KA Baturraden Ekspres memiliki rute Purwokerto-Bandung melalui Cikampek.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- PT Kereta Api Indonesia (Persero), resmi meluncurkan KA  Baturraden Ekspres di stasiun Purwokerto, Jumat (25/6) pukul 05.40. Peluncuran KA dengan relasi Purwokerto-Bandung via Cikampek ini, dilakukan Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dan Bupati Banyumas Achmad Husein.

"Di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini, PT KAI terus berinovasi dengan menghadirkan KA relasi baru untuk membantu konektivitas masyarakat. Antara ain dengan meluncurkan KA Baturraden Ekspres yang akan melayani relasi Purwokerto-Bandung bia Cikampek," jelas Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

Menurutnya, pengoperasian KA Baturraden Ekspress dilakukan untuk memberi alternatif bagi masyarakat dalam melakukan perjalanan menggunakan KA.

"Selama ini, jalur KA relasi Purwokerto-Bandung hanya dilayani satu KA kelas ekonomi yaitu KA Serayu. Dengan adanya KA Banyumas Ekspress, calon penumpang KA memiliki alternatif saat hendak melakukan perjalanan dari Purwokerto-Bandung atau sebaliknya," jelasnya.

Menurutnya, penamaan KA Baturraden Ekspres terinspirasi dari nama obyek wisata yang ada di Banyumas. Hal ini dimaksudkan untuk semakin mengangkat citra obyek wisata di Banyumas, agar semakin dikenal masyarakat.

Didiek juga menyatakan, pada masa pandemi Covid-19, PT KAI tetap berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat pada para pelanggannya. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan jaminan bahwa perjalanan dengan menggunakan KA, akan memberi rasa aman dan nyaman bagi para pelanggan.

"Setiap pelanggan KA Baturraden Ekspres diharuskan menunjukkan surat bebas Covid-19 yang masih berlaku. Untuk memudahkan pelanggan, KAI menyediakan layanan GeNose di 65 stasiun dan Rapid Test Antigen di 40 stasiun," katanya.

Berbeda dengan KA Serayu yang merupakan KA kelas ekonomi, KA Baturraden Ekspres merupakan rangkaian KA kelas eksekutif dan bisnis. Meski demikian, tarif tiket KA ini cukup bersaing karena hanya dipatok Rp 160 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp 130 ribu untuk kelas Bisnis.

Tarif tersebut berlaku untuk perjalanan relasi Purwokerto-Bandung. Sedangkan untuk rute lebih pendek, PT KAI menawarkan tarif khusus yang bisa dibeli di loket stasiun pada waktu 2 jam sebelum keberangkatan KA.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA