Jumat 25 Jun 2021 08:50 WIB

Bahaya Memanaskan Makanan Beku di Microwave

Microwave tak bisa memanaskan makanan beku dengan merata, apa bahayanya?

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi memanaskan makanan dengan microwave. Gelombang mikro tidak bisa memanaskan makanan beku.
Foto: Pxfuel
Ilustrasi memanaskan makanan dengan microwave. Gelombang mikro tidak bisa memanaskan makanan beku.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua orang pasti ingin menyajikan makan malam keluarga yang dimasak dengan cermat di dapur, tetapi waktu yang terbatas kadang membuat itu ada kalanya tak terlaksana. Alhasil, banyak orang yang pada akhirnya menyajikan makanan beku yang kemudian dihangatkan di microwave.

Memanaskan kembali makanan beku dalam microwave adalah cara sederhana dan cepat untuk menyajikan makanan. Namun, Anda perlu berhati-hati sebab itu juga bisa berbahaya.

Baca Juga

Mengonsumsi makanan beku yang dipanaskan di microwave membuat Anda bisa menelan bakteri yang masih hidup di bagian makanan yang masih dingin. Kok bisa?

Siapa pun yang pernah menggunakan microwave mungkin telah memerhatikan bahwa makanan yang dipanaskan akan terasa panas di beberapa sisinya, namun tak terlalu hangat di bagian lain. Microwave memang efektif untuk memanaskan makanan dengan cepat, tetapi tidak dapat mematangkannya secara merata.

Alhasil, bakteri apapun yang mungkin ada dalam makanan belum semuanya hilang. Selain itu, telah dilaporkan juga bahwa gelombang mikro tidak bisa memanaskan makanan beku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement