Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Studi: Senyawa yang Lindungi Sel Paru Dapat Blokir Covid-19

Jumat 25 Jun 2021 07:12 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda

Pasien Covid-19 menunjukkan hasil rontgen parunya. Peneliti di AS menemukan bahwa elovanoid (ELV) ternyata dapat memblokir virus corona jenis baru (SARS-CoV-2) yang menyebabkan Covid-19 sebelum memasuki sel.

Foto:
Senyawa yang lindungi sel paru tersebut ialah elovanoid (ELV).

Mereka menemukan bahwa ELV tidak hanya mengurangi kemampuan protein lonjakan SARS-CoV-2 untuk mengikat reseptor dan memasuki sel, tetapi juga memicu produksi protein pelindung dan antiinflamasi yang melawan kerusakan paru-paru. Para ilmuwan melaporkan bahwa ELV menurunkan produksi ACE2, yang merupakan protein pada permukaan banyak jenis sel.

Reseptor ACE2 bertindak seperti kunci pada sel. Sementara itu, protein lonjakan SARS-CoV-2 bertindak seperti kunci yang membuka kunci membiarkan virus memasuki sel untuk berkembang biak dengan cepat.

Dalam penelitian, untuk pertama kalinya terlihat bahwa sel-sel alveolar memiliki jalur untuk biosintesis ELV. Karena SARS-CoV-2 memengaruhi mukosa hidung, saluran pencernaan, mata, dan sistem saraf, penelitian mengungkap potensi perlindungan ELV.

"Hasil penelitian kami memberikan dasar untuk intervensi dalam mengubah risiko penyakit, perkembangan, dan perlindungan paru-paru dari Covid-19 atau patologi lain, termasuk beberapa jenis pneumonia," ujar Bazan menjelaskan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA