Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Terinfeksi 'Jamur Hitam', Anak Kena Covid-19 Kehilangan Mata

Jumat 25 Jun 2021 06:57 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Operasi mata yang terinfeksi jamur hitam. Kasus mukormikosis juga terjadi pada pasien cilik yang positif Covid-19 di India.

Operasi mata yang terinfeksi jamur hitam. Kasus mukormikosis juga terjadi pada pasien cilik yang positif Covid-19 di India.

Foto: EPA
Jika matanya tak diangkat, 'jamur hitam' bisa menyebar hingga ke otak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasus infeksi "jamur hitam" alias mukormikosis juga mengancam anak-anak. Di India, tiga anak positif Covid-19 menjalani operasi pengangkatan mata demi menghentikan infeksi jamur hitam lebih lanjut.

Ketiganya menjalani perawatan di dua rumah sakit berbeda. Anak-anak di Mumbai itu berusia empat, enam, dan 14 tahun, menurut laporan NDTV, dikutip Jumat (25/6).

Baca Juga

Dokter mengatakan, pasien berusia 14 tahun tersebut juga mengidap diabetes. Matanya menghitam dalam waktu 48 jam.

"Jamur juga menyebar ke hidung. Untungnya, infeksinya tidak mencapai otak. Kami merawatnya selama enam pekan, tapi tak dapat menyelamatkan matanya," kata konsultan senior dokter anak di Rumah Sakit Fortis, dr Jesal Sheth, dilansir The Sun.

Dokter juga menemukan perut seorang pasien berusia 16 tahun di rumah sakit sama dipenuhi jamur hitam. Anak tersebut menjadi pengidap diabetes setelah sembuh dari Covid-19. Virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 diketahui bisa merusak pankreas hingga memicu diabetes.

"Ususnya mulai berdarah. Kami melakukan angiografi dan menemukan jamur hitam telah menginfeksi pembuluh darah di dekat perutnya," ujar Sheth.

Sementara itu, pasien anak-anak yang lebih kecil yang terkena Covid-19 dan mengalami infeksi jamur hitam mendapat perawatan di Rumah Sakit Mata dan THT KBH Bachooali Mumbai. Seorang dokter mata di rumah sakit itu, dr Prithesh Shetty, mengatakan bahwa jamur hitam menyebar di mata pasien dan jika matanya tidak diangkat, hidup pasien dalam bahaya.

"Mereka sudah buta di satu mata dan itu sangat menyakiti mereka. Seorang anak yang mengalaminya datang kepada kami pada Desember tahun lalu. Kasus kedua datang pada gelombang kedua," kata Shetty.

Pengangkatan mata, gigi, dan jaringan lain yang terinfeksi di wajah merupakan prosedur standar untuk infeksi jamur hitam. Inilah satu-satunya cara menghilangkan jamur hitam secara efektif.

Metode pengangkatan itu dapat menghentikan jamur mencapai otak, kondisi yang dapat menyebabkan kematian. Komplikasi serius hingga terkadang menyebabkan kematian umumnya menyerang mereka yang mengidap diabetes tak terkontrol atau memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

Ribuan pasien di India mengalami hal serupa, matanya dibuang setelah terkena infeksi jamur hitam. Sekitar 60 persen pasien yang dirawat di rumah sakit setidaknya memiliki satu mata yang diangkat, setelah gelombang kedua virus corona menyebabkan ledakan penyakit jamur di India.

Menyebar ke negara lain...

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA