Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

3 Keyakinan yang Harus Diimani Umat Islam Soal Surga-Neraka

Jumat 25 Jun 2021 05:45 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi Surga

Ilustrasi Surga

Foto: Pixabay
Surga dan neraka menurut keyakinan Aswaja adalah ada.

REPUBLIKA.CO.ID, -- Rukun iman kedua terakhir adalah beriman kepada Hari Akhir. Dari sinilah muncul keyakinan tentang surga dan neraka. Bahkan, bagi sebagian ulama, beriman kepada Surga dan Neraka adalah rukun iman ketujuh.

Setidaknya, ada tiga keyakinan tentang surga dan neraka bagi Ahlussunnah wal Jamaah. Pertama, meyakini bahwa surga dan neraka itu ada, disediakan untuk mereka dan kekal.

Surga adalah rahmat Allah SWT bagi orang-orang yang senantiasa mendekatkan diri pada-Nya dengan bertakwa. Sedangkan, neraka adalah tempat siksaan-Nya, yang disediakan sebagai tempat hina bagi musuh-musuh-Nya, orang-orang musyrik, munafik, dan kafir.

Kedua, meyakini bahwa tidak ada kematian di surga dan neraka. Jadi, mereka yang berada di dalamnya, baik itu surga dan neraka, kekal abadi. Hal ini ditegaskan dalam surat al Baqarah ayat 39: هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ "Mereka kekal di dalamnya."

Meski kekal, kedudukan penghuni surga dan neraka berbeda. Allah SWT juga berfirman: 

لَا يَسْتَوِي أَصْحَابُ النَّارِ وَأَصْحَابُ الْجَنَّةِ ۚ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ هُمُ الْفَائِزُونَ "Tidak sama para penghuni neraka dengan para penghuni surga, para penghuni surga itulah orang-orang yang memperoleh kemenangan." (QS al Hasyr 20)

Ketiga, meyakini bahwa penghuni surga senantiasa berada dalam kebahagiaan yang abadi. Allah SWT berfirman: 

كُلَّمَا رُزِقُوا مِنْهَا مِنْ ثَمَرَةٍ رِزْقًا ۙ قَالُوا هَٰذَا الَّذِي رُزِقْنَا مِنْ قَبْلُ ۖ وَأُتُوا بِهِ مُتَشَابِهًا ۖ وَلَهُمْ فِيهَا أَزْوَاجٌ مُطَهَّرَةٌ ۖ وَهُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

"Setiap kali mereka diberi rezeki buah-buahan dari surga, mereka berkata, 'Inilah rezeki yang diberikan kepada kami dahulu.' Mereka telah diberi (buah-buahan) yang serupa. Dan, di sana mereka (memperoleh) pasangan-pasangan yang suci. Mereka kekal di dalamnya." (QS al Baqarah 25) Allah SWT juga berfirman dalam surah lain: 

وَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ سَنُدْخِلُهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۖ لَهُمْ فِيهَا أَزْوَاجٌ مُطَهَّرَةٌ ۖ وَنُدْخِلُهُمْ ظِلًّا ظَلِيلًا

"Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, kelak akan Kami masukkan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Di sana mereka mempunyai pasangan-pasangan yang suci, dan Kami masukkan mereka ke tempat yang teduh lagi nyaman." (QS an Nisa 57)

Sumber: alukah    

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA