Kamis 24 Jun 2021 20:49 WIB

Nakes di Garut Dipukul Warga Saat Periksa Pasien Pakai APD

Seorang anak tidak terima saat orang tuanya diperiksa nakes menggunakan APD.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Mas Alamil Huda
Tangkapan layar pemukulan nakes oleh seorang warga di Puskesmas Pameungpeuk, Kabupaten Garut.
Foto: Istimewa
Tangkapan layar pemukulan nakes oleh seorang warga di Puskesmas Pameungpeuk, Kabupaten Garut.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Seorang anak tidak terima saat orang tuanya diperiksa tenaga kesehatan (nakes) yang menggunakan alat pelindung diri (APD). Nakes di Puskesmas Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa barat, itu pun menjadi korban pemukulan anak tersebut.

Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0611/Garut, Letkol CZi Deni Iskandar, mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Rabu (23/6) sekira pukul 20.00 WIB. Ketika itu, nakes bernama Guruh Gustriandi sedang melaksanakan perawatan terhadap pasien. Namun, tiba-tiba anak pasien memukul nakes yang merawat orang tuanya dengan menggunakan APD.

"Kebetulan Kecamatan Pameungpeuk itu zona merah, sehingga prosedur nakes IGD Puskesmas Pameungpeuk harus menggunakan baju APD. Karena perawat IGD itu orang yang pertama melakukan perawatan terhadap pasien," kata dia, Kamis (24/6).

Lantaran kesal menunggu nakes memakai APD, anak pasien merasa kesal, sehingga melakukan pemukulan terhadap nakes tersebut. Namun nakes tersebut tetap melaksanakan tugasnya sampai selesai.

"Nakes itu dipukul di bagian rahang sebelah kiri satu kali di ruangan perawatan pasien UGD Puskesmas Pameungpeuk," kata Deni.

Dalam video rekaman kamera pengawas (CCTV) yang beredar, terlihat seorang nakes membawa pasien ke ruang rawat. Namun, tiba-tiba ada seorang warga yang menghampiri. Terlihat sempat ada perdebatan antara warga tersebut dan nakes yang sedang hendak menangani pasien. Warga itu kemudian langsung memukul nakes tersebut. Pelaku lalu diamankan salah seorang warga lain yang ada di lokasi itu.

Menurut Deni, pihak keluarga pelaku sudah mendatangi kepada pihak keluarga korban. Namun pelaku yang diketahui bernama Ramdan alias Putra, warga Kampung Mancagahar, Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, itu sementara masih dicari oleh pihak kepolisian."Kasus itu sedang ditindaklanjuti pihak kepolisian wilayah Pameungpeuk," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement