Jumat 25 Jun 2021 01:53 WIB

Dua Puskesmas Tulungagung Vaksinasi Covid-19 Khusus ODGJ

Proses vaksinasi untuk ODGJ berlaku sama dengan imunisasi terhadap warga umumnya

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Petugas medis menyiapkan vaksin COVID-19 untuk pasien ODGJ (orang dengan gangguan jiwa). Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Arnas Padda
Petugas medis menyiapkan vaksin COVID-19 untuk pasien ODGJ (orang dengan gangguan jiwa). Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, TULUNGAGUNG - Dua Puskesmas di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur pada Kamis (24/6) mulai menggelar layanan vaksinasi dengan sasaran khusus penderita gangguan jiwa (ODGJ) sebagai upaya membangun kekebalan komunal di kelompok ini demi memutus rantai penularan Covid-19. Dua Puskesmas tersebut adalah Puskesmas Kauman dan Puskesmas Rejotangan.

"Di (Kecamatan) Rejotangan imunisasi difokuskan di Desa Blimbing dengan sasaran 15 ODGJ, sementara di Kauman di Desa Panggungrejo dengan sasaran 10 ODGJ," kata Penanggulangan dan Pencegahan Penularan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung Didik Eka di Tulungagung.

Baca Juga

Jumlah ODGJ yang masuk program vaksinasi sebagaimana data terbaru dari Dinkes Tulungagung ada sebanyak 1.804 orang. Mereka tersebar di 27 puskesmas yang ada di 19 kecamatan di Kabupaten Tulungagung.

Jumlah ODGJ di Tulungagung sebelumnya yang terdata sebenarnya ada 2.515 orang. Namun sebanyak 701 ODGJ belum masuk prioritas karena beberapa alasan, salah satunya karena status administrasi kependudukan mereka belum jelas.

Didik menjelaskan saat ini administrasi kependudukan mereka masih dikoordinasikan dengan pihak Dispendukcapil Tulungagung. Menurutnya salah satu syarat mendapatkan vaksinasi Covid-19 adalah mempunyai NIK. Selain itu ada 110 ODGJ usia anak yang belum boleh divaksin.

Prosedur vaksinasi untuk kelompok ODGJ berlaku sama dengan imunisasi terhadap warga pada umumnya. Mereka terlebih dulu diperiksa kesehatannya, dicek tensi atau tekanan darahnya, serta riwayat penyakit serta kondisi kesehatan secara umum. Jika semuanya dinilai baik, vaksin Covid-19 baru diinjeksikan.

Kegiatan vaksinasi di Puskesmas Kauman dipusatkan di Puskesdes Panggungrejo yang berlokasi di depan Pabrik Gula Modjopanggung, Tulungagung. Dari 10 ODGJ yang dijadwalkan mengikuti program vaksinasi, sembilan ODGJ divaksin di balai desa dan satu lainnya dilayani secara kunjungan rumah. Pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar dan semua ODGJ kooperatif saat dilakukan rangkaian imunisasi hingga pemantauan potensi kejadian ikutan pascaimunisasi atau KIPI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement