Kamis 24 Jun 2021 19:00 WIB

Alec Baldwin Berjuang Mengatasi OCD

Alec Baldwin mengaku mengidap OCD.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Alec Baldwin mengaku mengidap OCD dan gangguannya terus memburuk selama bertahun-tahun.
Foto: Flickr
Alec Baldwin mengaku mengidap OCD dan gangguannya terus memburuk selama bertahun-tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Alec Baldwin membuka diri tentang gangguan obsesif-kompulsif (OCD) yang diidapnya. Dia mengakui, OCD adalah kondisi yang sangat serius yang harus dihadapinya."Saya berjuang mengatasi OCD," kata Alec, dilansir laman Ace Showbiz, Kamis (24/6).

Alec menjelaskan secara detail mengenai perjuangannya dengan OCD dalam episode terbaru siniarnya, "What's One More". Bintang film 30 Rock itu pun mewawancarai juri "America's Got Talent" Howie Mandel yang juga memiliki kondisi tersebut.

Baca Juga

Alec berterima kasih kepada Howie yang mau membuka diri di saat jarang sekali orang yang bersedia membicarakan tentang OCD secara terbuka. Menurut Alec, makin banyak stigma tentang OCD dan kesehatan mental yang muncul saat ini.

"Ini membutuhkan empati, pengertian, dan bersikap lebih baik kepada satu sama lain. Dengan begitu, kita akhirnya dapat menghapus stigma dan mengubah narasi," kata Alec yang merasa gejala OCD-nya terus memburuk selama bertahun-tahun.

Alec kemudian bertanya kepada Howie tentang awal mula OCD-nya. Dia menanyakan apakah germaphobia merupakan satu-satunya ekspresi terkait OCD.

"Bagaimana awalnya ketika Anda mulai melacaknya dan merasakannya? Karena saya mengalaminya sekarang, ini sangat serius," kata Alec.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement