Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Live; Babak Pertama, Brasil Tertinggal dari Kolombia

Kamis 24 Jun 2021 08:16 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pemain Kolombia, Luis Diaz, merayakan golnya ke gawang Brasil pada babak pertama lanjutsn Copa America 2021 di Rio De Janeiro, Kamis (24/6).

Pemain Kolombia, Luis Diaz, merayakan golnya ke gawang Brasil pada babak pertama lanjutsn Copa America 2021 di Rio De Janeiro, Kamis (24/6).

Foto: EPA-EFE/Andre Coelho
Gol akrobatik Luis Diaz pada menit ke-10 membawa Kolombia menggunguli tim Samba.

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Brasil dipaksa mengakui keunggulan Kolombia pada babak pertama laga kedelapan penyisihan Grup B Copa America 2020, Kamis (24/6). Gol akrobatik Luis Diaz pada menit ke-10 membawa Kolombia menggunguli tim Samba pada babak pertama dalam laga yang digelar di Stadion Olimpico Nilton Santos tersebut. 

Kendati telah memastikan satu tempat di babak perempat final, pelatih Brasil, Tite, tetap menurunkan sejumlah penggawa terbaiknya di laga ini. Neymar tetap mengisi satu tempat di lini serang, sedangkan Thiago Silva masih diandalkan untuk memimpin lini belakang tim Samba. 

Namun, Tite memutuskan menurunkan Weverton, menggantikan Ederson di bawah mistar gawang. Pun dengan kehadiran Marquinhos, yang menggantikan Eder Militao sebagai tandem Thiago Silva. Selain itu, Casemiro juga diplot menggantikan Fabinho untuk menemani Fred di lini tengah. Sedangkan pelatih Kolombia, Reinaldo Rueda, melakukan empat perubahan di starting line-up Kolombia, dibanding saat dibekap Peru, 1-2, di laga terakhir. 

Daniel Munoz memgantikan Medina di posisi bek kanan. Selain itu, Rueda juga langsung menurunkan Mateus Uribe dan Luis Diaz, yang sudah bisa diturunkan usai melakoni sanksi larangan bertanding akibat kartu merah. Brasil pun dikejutkan oleh Los Cafetores saat laga baru memasuki menit ke-10. Sebuah gol cantik dicetak oleh Diaz. 

Winger berusia 24 tahun itu melepaskan //overhead kick// tepat di depan mulut gawang Brasil. Diaz menyambar umpan lambung dari Juan Cuadradado di sisi kiri pertahanan Brasil. Weverton, yang menggantikan Ederson di bawah mistar gawang Brasil, tidak bisa berbuat banyak dalam menghalau sepakan Diaz tersebut. 

Tim Samba langsung merespon kondisi ini dengan langsung mengendalikan permainana. Gelombang serangan demi serangan terus dilancarkan oleh para penggawa Brasil. Mulai dari tusukan Richarlison dan Everton Ribeiro di sisi-sisi sayap, hingga aksi Neymar yang berupaya menembus pertahanan Kolombia dari depan pertahanan Kolombia. 

Kendati begitu, setelah mencatatkan penguasaan bola mencapai 68 persen, Brasil belum bisa menyamakan kedudukan. Dari lima tembakan yang dilepaskan Brasil, hanya satu yang tepat mengarah ke gawang Kolombia. 

Di sisi lain, Kolombia, yang memanfaatkan serangan balik cepat, hanya mengemas satu tembakan tepat ke arah gawang. Satu tembakan itu yang berhasil merobek gawang Brasil. 

 

Susunan Pemain: Brasil (4-4-2) 

Pelatih: Tite 

Kiper: Weverton 

Belakang: Alex Sandro, Thiago Silva, Marquinhos, Danilo 

Tengah: Richarlison, Fred, Casemiro, Everton Ribeiro 

Depan: Neymar, Gabriel Jesus 

 

Kolombia (4-4-2) 

Pelatih: Reinaldo Rueda 

Kiper: David Ospina 

Belakang: William Tesillo, Yerry Mina, Davinson Sanchez, Daniel Munoz 

Tengah: Luis Díaz, Mateus Uribe, Wilmar Barrios, Luis Díaz, Juan Cuadrado 

Depan: Duvan Zapata, Santos Borré

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA