Kamis 24 Jun 2021 06:00 WIB

Ringkasan Grup F: Para Unggulan Grup Neraka Melaju

Hanya Hungaria yang tak lolos ke fase gugur.

 Karim Benzema dari Prancis (kanan) bereaksi dengan Cristiano Ronaldo dari Portugal selama pertandingan sepak bola babak penyisihan Grup F UEFA EURO 2020 antara Portugal dan Prancis di Budapest, Hungaria, 23 Juni 2021.
Foto: EPA-EFE/Tibor Illyes
Karim Benzema dari Prancis (kanan) bereaksi dengan Cristiano Ronaldo dari Portugal selama pertandingan sepak bola babak penyisihan Grup F UEFA EURO 2020 antara Portugal dan Prancis di Budapest, Hungaria, 23 Juni 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Tim-tim unggulan yang berada di Grup F Euro 2020, yakni Prancis, Portugal, dan Jerman, tetap melaju ke babak 16 besar. Dari grup neraka itu, hanya Hungaria yang tak lolos.

Portugal yang berstatus juara bertahan turnamen membuka rangkaian Grup F dengan kemenangan telak 3-0 atas Hungaria berkat tiga gol menit-menit akhir di Budhapest pada Selasa (15/6). Beberapa jam kemudian, sebuah gol bunuh diri Mats Hummels jadi pembeda antara Prancis dan Jerman di mana sang juara dunia Prancis meraih kemenangan tipis 1-0 di Muenchen.

Putaran kedua Grup F berlangsung pada Sabtu (19/6) yang mana Prancis dikejutkan oleh Hungaria dan hanya meraih hasil imbang 1-1 ketika tampil di bawah tekanan publik Puskas Arena yang terisi penuh.

Sekira tiga jam berselang, Jerman menuntaskan kebangkitan mereka dari kekalahan pada laga pertama untuk melumat Portugal 4-2 diwarnai dua gol bunuh diri dari Ruben Dias serta Raphael Guerreiro di Muenchen.

Sebelum putaran ketiga dimainkan, hasil laga pemungkas Grup A sampai C memastikan Prancis lolos ke babak 16 besar, setidaknya sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik fase penyisihan grup. Kendati demikian, tim besutan Didier Deschamps itu belakangan lolos sebagai jawara grup seusai bermain imbang 2-2 melawan Portugal di Budhapest dini hari tadi.

Semua gol dalam pertandingan itu berkenaan dengan keputusan wasit Antonio Miguel Mateu Lahoz dan VAR, yang menghasilkan tiga penalti, dua untuk Portugal dikonversi Cristiano Ronaldo dan satu bagi Prancis dieksekusi Karim Benzema. Benzema juga mendapatkan satu golnya disahkan VAR setelah sempat dianulir hakim garis.

Berbarengan dengan hasil tersebut di Muenchen, Jerman nyaris jadi korban kejutan Hungaria karena tertinggal 1-2 dari tamunya itu hingga memasuki 10 menit akhir pertandingan.

Pada menit ke-74, Leon Goretzka menjadi pahlawan Jerman di mana golnya menyamakan kedudukan 2-2 yang bertahan hingga akhir dan memastikan langkah tim besutan Joachim Loew ke babak 16 besar.

Prancis menjadi juara Grup F dengan raihan lima poin, diikuti Jerman sebagai runner-up berbekal keunggulan head-to-head atas Portugal meski sama-sama mengoleksi empat poin.

Portugal tetap lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik dan berpeluang mengulangi skenario serupa lima tahun silam ketika mereka lolos dari fase grup sebagai peringkat ketiga dan berakhir menjadi juara turnamen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement