Kamis 24 Jun 2021 03:59 WIB

Jerman Lolos ke Babak 16 Besar Usai Tahan Imbang Hungaria

Jerman bermain imbang 2-2 melawan Hungaria di pertandingan terakhir Grup F.

Pemain Jerman merayakan gol penyama kedudukan 1-1 pada pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Jerman dan Hongaria di Munich, Jerman, 23 Juni 2021.
Foto: EPA-EFE/Kai Pfaffenbach
Leroy Sane dari Jerman beraksi melawan Attila Fiola (kiri) dari Hongaria selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Jerman dan Hongaria di Munich, Jerman, 23 Juni 2021.

Kedua tim bermain terbuka pada babak kedua. Jual beli serangan langsung terjadi sejak awal babak kedua. Hungaria terlihat percaya diri menekan Jerman untuk memperbesar keunggulan. Sementara Jerman, meski tertinggal 0-1, tetap sabar membangun serangan. Pada menit ke-50, Kai Havertz mempunyai peluang menyamakan kedudukan. Sayang tendangannya berhasil diamankan kiper Hungaria.

Laga semakin sengit memasuki seperempat babak kedua. Jerman akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-62. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan pemain Hungaria, Kimmich melepaskan umpan silang dari tembakan bebas ke dalam kotak penalti Hungaria. Kiper Hungaria, Gulacsi, gagal meninju bola di udara. Bola kemudian jatuh ke Hummels yang berada tepat dibelakang kiper Hungaria, dan dipantulkan ke arah gawang. Kai Havertz yang berdiri bebas dengan mudah menanduk bola masuk ke dalam gawang Hungaria yang sudah kosong. Jerman 1-1 Hungaria.

Tetapi keunggulan Jerman tak berlangsung lama. Satu menit kemudian Hungaria kembali membuat Jerman tertinggal. Gol tercipta melalui serangan cepat setelah kickoff. Pemain belakang Hungaria mengirimkan umpan jauh ke depan yang diterima oleh Adam Szalai. Dengan cepat, pemain itu kembali mengirimkan umpan terobosan ke Schafer yang berlari dan berhasil lolos dari kepungan pemain belakang Jerman, sebelum melepaskan tembakan yang menaklukan Neuer. Hungaria unggul 2-1 atas Jerman.

Pada babak kedua pelatih Jerman, Joachim Low melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Havertz, Gundogan, Gnarby, Gosens dan Ginter kemudian memasukan Muller, Goretzka, Volland, Musiala dan Werner. Sementara Hungaria juga melakukan pergantian dengan menarik Roland Sallai, Adam Szalai, Fiola dan Kleinheisler kemudian memasukan Schon, Varga, Nicolic dan Lovrensics.

Pergantian pemain yang dilakukan Low berhasil mengubah permainan Jerman. Beberapa kali Goretzka menebarkan ancaman ke gawang Hungaria. Jerman akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-83. Jamal Musiala mengirimkan umpan silang dari dalam kotak penalti. Bola kemudian diterima Werner yang melepaskan tembakan membentuk pemain Hungaria. Bola rebound langsung disambar oleh Goretzka dan tak bisa dihalau oleh kiper Hungaria. Skor berubah, Jerman 2-2 Hungaria.

Hingga pertandingan babak kedua berakhir, skor tidak berubah. Jerman bermain imbang 2-2 melawan Hungaria. Hasil ini cukup bagi Jerman untuk mengamankan tiket lolos ke babak 16 Euro 2020. Jerman berada di posisi kedua klasemen dengan poin empat hasil satu kali menang, satu kali imbang dan satu kali kalah.  Sementara Hungaria harus tersingkir karena hanya meraih dua poin, hasil dua kali imbang dan sekali kalah.

Susunan pemain:

Jerman:  

Neuer (kiper), Ginter, Hummels, Rudiger, Kimmich, Gundogan, Kroos, Gosens, Havertz, Sane, Gnabry.

Cadangan : Halstenberg, Volland, Werner, Leno, Musiala, Sule, Neuhaus, Goretzka, Trapp, Can, Koch, Muller.

Hungaria:

Gulacsi (kiper), Nego, Botka, Orban, Attila Szalai, Fiola, Kleinheisler, Nagy, Schafer, Adam Szalai, Sallai.

 

Cadangan : Lang, Kecskes, Holender, Dibusz, Lovrencsics, Roland Varga, Siger, Kevin Varga, Bogdan, Nikolic, Schon, Bolla.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement