Kamis 24 Jun 2021 01:33 WIB

Eks Pelatih Prancis Takjub Melihat Permainan Timnas Italia

Mantan Pelatih Prancis sebut Timnas Italia merupakan salah satu kandidat juara Euro

Rep: Frederikus Bata/ Red: Bayu Hermawan
Pemain Timnas Italia merayakan gol pembuka ke gawang Turki dalam laga Grup A Euro 2020 di Stadion Olimpico, Roma, Jumat (11/6).
Foto: EPA-EPA-EFE/Alberto Lingria
Pemain Timnas Italia merayakan gol pembuka ke gawang Turki dalam laga Grup A Euro 2020 di Stadion Olimpico, Roma, Jumat (11/6).

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Mantan pelatih tim nasional Prancis, Raymond Domenech memuji kinerja Italia pada Piala Eropa 2020. Ia dengan tegas menyebut Gli Azzurri salah satu kandidat juara turnamen ini.

Italia menguasai Grup A dengan poin sempurna. Skuat polesan Roberto Mancini selalu menang di tiga pertandingan. Domenech menyukai permainan kolektif Giorgio Chiellini dan rekan-rekan. Sepanjang 90 menit, pasukan biru tampil agresif.

Baca Juga

"Mereka menunjukkan kecepatan saat menyerang, tekad untuk segera merebut bola, dan tidak pernah membiarkan lawan mereka tenang," kata tokoh kelahiran Lyon ini, dikutip dari Football Italia, Kamis (24/6).

Pada masa lalu, Domenech termasuk orang yang kerap mengkritisi budaya sepakbola negeri spaghetti. Sebuah tim yang identik dengan permainan bertahan. Tapi belakangan, Italia menunjukkan identitas baru. Mereka bermain menyerang sepanjang 90 menit.

"Roberto Mancini, membawa angin segar ke budaya sepak bola Italia," ujar Domenech.

Secara statistik, Gli Azzurri sedang bagus-bagusnya. Ciro Immobile Cs belum tersentuh kekalahan dalam 30 laga terakhir. Tepatnya sejak September 2018. Selama periode tersebut, pasukan biru mengoleksi 25 kemenangan, dan lima hasil imbang.

Mancini membuat Italia berubah dalam sekejap. Tiga tahun lalu, mereka absen di Piala Dunia Rusia. Kini, Gli Azzurri jadi salah satu favorit juara di euro 2020. Para gladiator negeri pizza bertemu Austria pada babak 16 besar.

Duel tersebut berlangsung di Stadion Wembley, London, Ahad (27/6) dini hari WIB. Menarik dinantikan sepak terjang pasukan Mancini di tahapan selanjutnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement