Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Rusun Pasar Rumput Disiapkan untuk Isolasi OTG Covid-19

Rabu 23 Jun 2021 21:39 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Warga melintasi JPO dengan latar belakang Rusun Pasar Rumput di kawasan Manggarai, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Warga melintasi JPO dengan latar belakang Rusun Pasar Rumput di kawasan Manggarai, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Rusun ini terdiri dari tiga menara dengan total kapasitas 1.984 unit kamar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah menyiapkan Rumah Susun (rusun) Pasar Rumput, Jakarta, sebagai alternatif tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). Kementerian PUPR, Ditjen Perumahan, Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa 1 telah melakukan kunjungan untuk meninjau kesiapan rusun Pasar Rumput.

Dirjen Perumahan, Khalawi Abdul Hamid mengatakan, rusun ini terdiri dari tiga menara dengan total kapasitas 1.984 unit kamar. "Untuk pengoperasian tahap pertama akan menggunakan tower 1 yang dapat diisi 600 unit kamar," kata dia dalam keterangan resminya, Rabu (23/6).

photo
Kementerian PUPR, Ditjen Perumahan, Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa 1 melakukan kunjungan ke Rumah Susun (rusun) Pasar Rumput. - (Dok. Kem)
Ia yang hadir bersama Kepala BP2P Jawa 1, Bisma Staniarto, menjelaskan, dari 25 lantai yang tersedia akan digunakan lantai empat hingga lantai 25 terlebih dahulu sebagai ruang isolasi mandiri kategori OTG.

“Rusun ini akan segera beroperasi dalam satu pekan atau 10 hari mendatang. Progres pertama akan ada perhitungan terlebih dahulu karena ada persiapan mengenai pemasangan fasilitas tempat tidur, penyejuk ruangan, dan fasilitas lainnya” ujar dia.

"Dipastikan selama progres persiapan rusun ini berlangsung, tidak akan mengganggu aktivitas pasar yang berada di lantai dasar pada rusun Pasar Rumput," kata dia menambahkan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA