Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Enam Nutrisi yang Jarang Tercukupi Sehari-hari

Kamis 24 Jun 2021 00:30 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti

Nutrisi yang jarang tercukupi sehari-hari (ilustrasi).

Nutrisi yang jarang tercukupi sehari-hari (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Orang dewasa disarankan makan buah dua mangkuk dan sayur tiga mangkuk setiap hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda mungkin berpikir bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi makro sudah memenuhi kebutuhan gizi harian. Padahal, ada nutrisi tertentu yang banyak orang tidak bisa mencukupinya setiap hari.

Pedoman Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) merekomendasikan agar orang dewasa makan hingga dua mangkuk buah dan tiga mangkuk sayuran setiap hari. Itu merupakan kebiasaan yang sulit dilakukan hari demi hari, jika Anda tak terlalu menyadarinya.

"Kebanyakan orang Amerika tidak mencapai sasaran, jadi mereka sering kehilangan nutrisi penting," kata ahli gizi, Katherine Brooking, dilansir di laman Men's Health, Rabu (23/6).

Berikut nutrisi yang kebanyakan orang gagal memenuhinya dalam keseharian:

1. Kalsium

Kalsium adalah mineral paling melimpah di tubuh. Menurut National Institutes of Health (NIH), kalsium cukup penting bagi tubuh. Mineral berperan dalam fungsi pembuluh darah dan otot, salah satunya penting untuk tulang dan gigi kuat.

Anda mungkin kekurangan kalsium jika membatasi makanan olahan susu (susu, keju) atau makanan yang diperkaya dengan kalsium seperti jus dan susu nabati,” ujar Brooking. 

2. Vitamin C

Kebanyakan orang tahu vitamin C membantu melawan radikal bebas, yaitu molekul yang merusak sel-sel lain. Namun, nutrisi itu juga membantu penyembuhan luka dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan nabati. Anda mungkin kekurangan vitamin C jika mengikuti diet rendah karbohidrat, atau jika bukan tipe orang yang suka jeruk atau paprika.

NIH merekomendasikan jumlah 90 miligram vitamin C dalam diet harian Anda. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu mangkuk brokoli mengandung 66 miligram vitamin C (7 gram karbohidrat). Jumlah itu sekitar 73 persen dari apa yang dibutuhkan dalam sehari.

3. Serat

Serat adalah zat yang ditemukan pada tanaman, yang membuat Anda merasa kenyang. Serat memiliki sejumlah besar manfaat, termasuk menjaga metabolisme tetap teratur, menurunkan kadar kolesterol, mengendalikan gula darah, dan membantu mempertahankan berat badan yang sehat. 

Terlepas dari semua fasilitas itu, kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup serat. Penyebab umumnya yaitu tidak cukup makan produk, kacang-kacangan, atau biji-bijian. Satu tanda yang sangat jelas Anda tidak memiliki cukup serat adalah sembelit. 

4. Kalium

Tubuh Anda membutuhkan kalium. Kalium berfungsi, termasuk untuk ginjal dan jantung yang baik, kontraksi otot, dan transmisi saraf.

"Mendapatkan terlalu sedikit potasium dapat meningkatkan tekanan darah, menguras kalsium dalam tulang, dan meningkatkan risiko batu ginjal," kata Brooking.

Kenapa banyak orang kekurangan kalium? Sekali lagi, itu kembali pada tidak cukup makan buah dan sayuran.

5. Vitamin A

Ini adalah vitamin yang larut dalam lemak, sangat penting untuk mendukung visi sehat dan sistem kekebalan tubuh, serta membantu jantung, paru-paru, ginjal, dan organ-organ lain bekerja dengan baik. "Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kulit kering, mata kering, rabun senja, dan gangguan fungsi reproduksi dan kekebalan tubuh," ujar Brooking.

Kebanyakan orang tidak memiliki cukup nutrisi karena mereka tidak makan cukup telur, keju, serta buah-buahan dan sayuran tertentu. Kebanyakan pria dewasa membutuhkan 900 mikrogram vitamin A. Anda dapat meningkatkan asupan dengan mengonsumsi berbagai makanan, termasuk salmon, sayuran berdaun hijau, wortel, labu, melon, aprikot, mangga, dan produk susu. 

6. Vitamin E

Ada banyak hal yang bisa dilakukan vitamin E untuk Anda. Nutrisi yang larut dalam lemak ini bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh, melindungi sel-sel dari kerusakan. Vitamin E juga dapat membantu mendukung sistem kekebalan, dan bahkan menjaga darah dari pembekuan.

"Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan kerusakan saraf dan otot yang mengakibatkan hilangnya rasa pada lengan dan kaki, kehilangan kontrol gerakan tubuh, kelemahan otot, dan masalah penglihatan," ujar Brooking.

Kondisi itu juga dapat melemahkan sistem kekebalan, sehingga membuat Anda mudah sakit. Alasan kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup vitamin E, yaitu kacang-kacangan dan minyak yang merupakan sumber nutrisi baik bukanlah bagian dari makanan pokok mereka.

 

Sedikit vitamin E sangat membantu, NIH merekomendasikan agar Anda mendapatkan hanya 15 miligram sehari. Minyak nabati, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, dan makanan yang diperkaya adalah sumber baik. Satu ons almond mentah, misalnya, mengandung lebih dari tujuh miligram vitamin E. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA