Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Karakter Antagonis yang tak Terlihat Jahat di Film Superhero

Rabu 23 Jun 2021 19:53 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti

Film superhero, Avengers.

Film superhero, Avengers.

Foto: MCU.
Ada beberapa tokoh di MCU yang awalnya tak terlihat sebagai karakter antagonis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengidolakan pahlawan super atau superhero ikonik mungkin menjadi hal yang sangat umum. Jagat Sinematik Marvel atau Marvel Cinematic Universe (MCU) menghadirkan penjahat-penjahat hebat yang tak kalah menariknya untuk diidolakan. 

Loki adalah salah satu penjahat favorit yang hadir pada awal-awal masa MCU. Beberapa penjahat dalam komik diberikan jalan cerita yang jelas jahat dan menjadi musuh utama para pahlawan super. Namun, ada beberapa tokoh di MCU yang mungkin tak dilihat sebagai karakter antagonis, kenyataannya dia melakukan bagian dari perbuatan jahat. 

Berikut beberapa di antaranya, seperti yang dilansir di laman Screen Rant, Rabu (23/6): 

1. Odin

photo
Karakter Odin. - (MCU)
 

Odin adalah salah satu makhluk paling kuat di alam semesta. Ayah dari Hela dan Thor itu, terlepas dari beberapa masalah dengan putranya, selalu dianggap pahlawan. Dia memerintah Asgard dengan kebaikan dan kasih sayang untuk rakyatnya dan bahkan melindungi Midgard dari kehancuran.

Namun, dalam film Thor: Ragnarok, Hela memaparkan bagaimana Odin menjadi penguasa Sembilan Alam dan itu jelas tidak heroik. Dia menggunakan Hela untuk menaklukkan semua orang dan membunuh banyak orang dalam prosesnya. Meskipun dia menjadi raja yang lebih baik dari waktu ke waktu, dia memaksakan pemerintahannya pada orang-orang melalui ketakutan dan intimidasi.

2. Arnim Zola

photo
Arnim Zola. - (MCU)
 

Meskipun dia hanya seorang pengikut dalam film Captain America: The First Avenger, Arnim Zola membuktikan dirinya sebagai salah satu pahlawan MCU yang paling cerdas. Dia membantu memanfaatkan kekuatan Tesseract untuk membuat senjata. Tanpa dia, Red Skull bukanlah apa-apa.

Setelah ditangkap, dia menjadi informan dengan mudah. Ternyata, Zola bukan sekadar pengikut tanpa ambisi sendiri. 

Dia berhasil membangun kembali Hydra dalam S.H.I.E.L.D. yang merupakan prestasi yang cukup mengesankan dan jahat. Fakta dia juga bertanggung jawab untuk mengubah Bucky menjadi The Winter Soldier juga membuat dia benar-benar jahat.

3. Wakil Presiden Rodriguez

photo
Wakil Presiden Rodriguez. - (MCU)
 

Plot jahat dalam film Iron Man 3 sangat rumit yang melibatkan tentara super dan Mandarin palsu. Semuanya berujung pada penculikan Aldrich Killian sang presiden. 

Ini melibatkan putaran lain dan pengkhianatan yang cukup liar, karena ternyata Wakil Presiden Amerika Serikat juga terlibat dalam skema tersebut. Ternyata Wakil Presiden Rodriguez ditawari cara untuk membantu putrinya, dengan imbalan membiarkan Presiden dibakar hidup-hidup di televisi nasional oleh teroris palsu.

4. W’Kabi

photo
W'Kabi. - (MCU)
 

Pembangunan dunia Wakanda adalah salah satu aspek paling menarik dari Black Panther, karena memperkenalkan banyak suku dan karakter yang berbeda. W'Kabi adalah salah satu karakter yang tidak mendapatkan waktu layar yang cukup tetapi berubah menjadi penjahat secara tiba-tiba.

Dia diperkenalkan sebagai teman dekat dan sekutu T'Challa. Namun begitu T'Challa gagal membunuh Klaue, W'Kabi siap berpihak pada Killmonger yang ingin membunuh T'Challa. W'Kabi bahkan tampaknya rela membunuh rekannya, Okoye, sebelum sadar.

5. Senator Stern

photo
Senator Stern - (MCU)
 

Senator Stern adalah karakter lain yang awalnya tampak lebih seperti antagonis yang tidak menyenangkan dibandingkan penjahat nyata. Di film Iron Man 2, dia senator yang memelopori gerakan untuk mengambil teknologi Iron Man dari Tony Stark yang langsung membuat penonton membencinya.

Dalam twist lainnya, Senator Stern muncul kembali di Captain America: The Winter Soldier dan ternyata adalah agen rahasia Hydra. Bukan hanya karena dia adalah politisi penggila perhatian lainnya, dia sebenarnya adalah mata-mata jahat yang ingin memastikan Iron Man tidak ada untuk menghentikan mereka.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA