Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Trik Kecantikan Ini Jangan Diikuti Meski Viral di Tiktok

Rabu 23 Jun 2021 19:28 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti

Aplikasi Tiktok. Ada beberapa trik kecantikan yang jangan diikuti meski viral di Tiktok (ilustrasi).

Aplikasi Tiktok. Ada beberapa trik kecantikan yang jangan diikuti meski viral di Tiktok (ilustrasi).

Foto: EPA-EFE/HAYOUNG JEON
Salah satu trik yang tak masuk akal adalah meratakan gigi dengan kikir kuku.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Generasi Z saat ini sangat mudah mendapatkan berbagai informasi dan tip tentang apapun melalui media sosial dan internet. Tip tersebut termasuk di antaranya tip kebugaran, kesehatan, dan kecantikan.

Salah satu media sosial yang menyediakan wadah untuk membuat tip dan mendapatkannya adalah Tiktok. Meskipun kelihatannya informatif, tidak berarti Anda semua harus mengikutinya. Beberapa di antaranya bahkan bisa berbahaya bagi kesehatan penggunanya. 

Sebaiknya Anda perlu berhati-hati, jangan sampai berakhir di rumah sakit karena mencoba salah satu trik konyol untuk meningkatkan popularitas di dunia maya. Berikut adalah beberapa tip kecantikan yang populer di Tiktok, yang tidak perlu ditiru karena bisa berakhir buruk, seperti dilansir di laman Lifestyle Asia, Rabu (23/6):

1. Meratakan gigi dengan kikir kuku 

Salah satu tip kecantikan Tiktok pertama yang membuat para profesional kesehatan di seluruh dunia meringis adalah tren meratakan gigi dengan kikir kuku. Ide yang dinamakan teethfiling ini adalah ide yang sangat buruk. 

Tren ini muncul pertama kali pada 2020. Sejak itu, telah direproduksi ribuan kali. 

Banyak anak muda yang mengikuti tren ini dengan meratakan gigi dengan kikir kuku. Hal itu ditujukan agar gigi bisa sejajar dengan sempurna. Trik ini pun dikritik oleh banyak dokter gigi. 

Ahli bedah gigi dan juru bicara untuk federasi kesehatan gigi Prancis (UFSBD), dr Christophe Lequart, menyebut teknik ini tidak boleh diikuti. 

"Tidak ada gunanya meratakan gigi dengan kikir kuku. Melakukannya hanya akan menghapus bagian dari email yang tidak akan tumbuh kembali. Jadi Anda akan meningkatkan risiko gigi berlubang," kata dia. 

2. Menitikkan eyeliner pada wajah untuk memalsukan bintik-bintik 

Tidak ada yang baru dalam mencoba memalsukan beberapa bintik sementara. Namun, beberapa waktu lalu, ada trik yang melibatkan penggunaan pena atau pensil, atau bahkan eyeliner.

Trik itu  cepat dan mudah diaplikasikan, yaitu hanya menitikkan eyeliner semua pada bagian hidung atau bagian bawah mata. Namun, ada risiko minimal yang terlibat. Bintang reality show, Tilly Whitfeld, memiliki pengalaman memalsukan bintiknya berubah menjadi mimpi buruk.

Wanita muda itu menjelaskan di Instagram bahwa dia melihat trik di Tiktok untuk memalsukan bintik-bintik dengan teknik menggunakan tinta dan jarum jahit. Dia sendiri sempat tak yakin dan takut untuk melanjutkan trik tersebut. Namun, dia tetap melanjutkan dan mencoba eksperimen.

Akibatnya, dia berakhir di rumah sakit dengan kehilangan penglihatan sementara dan bekas luka di wajahnya. Dia meminta pengikutnya untuk menghindari teknik kecantikan yang bisa dilakukan sendiri semacam ini. Sebagai gantinya, minta saran dari seorang profesional.

3. Menggunakan lem untuk menata rambut

Menata rambut dengan lem lebih merupakan sebuah kesalahan daripada trik kecantikan. Seorang perempuan asal Amerika, Tessica Brown, terkenal awal tahun ini karena trik salah tersebut. 

Pengguna Tiktok ini sangat memiliki ide buruk untuk menggunakan lem ekstra kuat, sejenis lem super, untuk merekatkan rambutnya. Tak heran, rambutnya mulai mengeras dan akhirnya menyatu dengan kulit kepalanya. Dari sampo hingga minyak kelapa, tidak ada produk yang berhasil mengatasi masalah tersebut. Saat itulah wanita muda itu membuat video yang menjadi viral di Tiktok.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA