Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

PAN Kasih Sinyal ke Erick Thohir

Rabu 23 Jun 2021 16:08 WIB

Red: Joko Sadewo

Menteri BUMN Erick Thohir (baju hitam) dan Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan (baju puti kaca mata) berbincang dengan warga saat keduanya berkunjung ke Lampung, Jumat (18/6).

Menteri BUMN Erick Thohir (baju hitam) dan Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan (baju puti kaca mata) berbincang dengan warga saat keduanya berkunjung ke Lampung, Jumat (18/6).

Foto: istimewa/doc humas
Politikus PAN sebut Erick Thohir bisa jadi pemecah kebuntuan capres yang sekarang ada

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Anggota DPR dari Fraksi PAN, Eko Hendro Purnomo, menilai figur Menteri BUMN Erick Thohir (ET) bisa menjadi solusi atas capres ‘yang itu-itu saja’. Menurutnya, ET layak untuk menjadi salah satu figur alternatif pada Pilpres 2024.

"Saya lihat Pak Erick ini mampu memecah kebuntuan. Beliau masih muda, pengusaha sukses, figur yang mumpuni, itu dari eksternal partai. Kalau di internal PAN, ada Pak Zul dan Mas Sutrisno Bachir. Kalau diminta oleh mereka sebagai tim sukses, tidak ada kata 'menolak', malah sebuah penghargaan buat saya," kata Eko Patrio, dalam siaran pers humas DPP PAN yang diterima Republika.co.id, Rabu (23/6).

Eko merujuk pada kegiatan bersama yang dilakukan ET dengan Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan, yang melakukan saat pulang kampung di Lampung. Kegiatan ini menjadi viral di medsos dan group-group WA.

Eko juga menanggapi beredarnya vidio saat dia memandu acara bersama Denny Cagur, Sabtu (19/6). Seperti diketahui, video yang ramai diperbincangkan tersebut berdurasi 2 menit 34 detik. ET duduk bersebelahan dengan Zulhas. Di sebelah kiri ET, ada Eko Patrio dan Denny Cagur yang berdiri menjadi pembawa acara.

"Kita doain Bapak-bapak yang ada di sini sehat. Kita doain Pak Erick Thohir, sudah mengharumkan nama Lampung. Kita doain lagi nanti jabatannya lebih naik lagi," ujar Eko Patrio dalam video tersebut.

Menurut Eko Patrio yang juga Ketua DPW PAN DKI Jakarta, tanggapan dan komentar-komentar yang ada di video tersebut sebagian besar sambutannya positif. "Banyak sekali dukungan untuk Pak Erick dan Pak Zul agar ikut berkompetisi dalam Pilpres 2024 nanti,” kata Eko.

Dengan makin banyaknya nama yang muncul untuk calon-calon presiden dan wakil presiden, Eko Patrio menambahkan, tentu lebih baik. Dan, ini bisa memecahkan kebuntuan selama ini.

Terkait pendamping ET, menurut Eko Patrio, banyak tokoh-tokoh yang bisa dipasangkan dengan Meneg BUMN tersebut. "Wakil mah banyak kandidatnya, kan sudah banyak tuh tokoh-tokoh yang beredar namanya sekarang," kata Eko tanpa menyebut nama tokoh tertentu.

Seperti diketahui video yang menampilkan Eko dan Denny Cagur bercanda soal Pilpres 2024 viral. Eko berbicara soal nama-nama para pemimpin Indonesia dari Sukarno hingga Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, ada kesamaan ejaan nama dari para pemimpin bangsa.

"Karena memang kalau calon presiden atau wakil presiden itu diprediksi namanya harus ada ‘O'-nya. Soeharto, ada ‘O'-nya, Sukarno. Minimal ada ‘O', kalau nggak ada, huruf vokalnya dobel. Kalau nggak ‘I'-nya dua, ‘O'-nya dua," ungkap Eko.

"Minimal ‘I'-nya dobel. Habibie, ‘I'-nya dua, kan. Megawati, jangan salah, Megawati Soekarnoputri. Zulkifli Hasan, ‘I'-nya dua. Kita doain kalau Pak Zulkifli Hasan jadi, eaaa...," ujar Eko Patrio disambut seruan 'amin' dari para hadirin.

Dalam video itu, Erick Thohir kemudian merespons. Setengah bercanda, dia menyebut Eko Patrio tengah membanggakan diri sendiri. "Ada yang ngangkat, sebenarnya ngangkat dirinya sendiri, Eko Patrio," kata Erick tertawa.

Sementara, Zulkifli Hasan menyatakan bahwa dia dan Erick Thohir sama-sama orang Lampung. Jadi, ini balik kampung. "Saya ajak Pak Erick ketemu masyarakat. Kalau saya kan sudah agak sering. Masyarakat Lampung pasti bangga punya Menteri BUMN asli orang Lampung, bisa bertemu langsung," ujar Zulhas.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA