Rabu 23 Jun 2021 15:32 WIB

Film Horor yang Sering Dikira Kisah Nyata

Tidak semua film horor mengandalkan karakter setan bertanduk untuk menakut-nakuti.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Film It.
Foto: Warner Bros. PicturesBros. Pictures
Film It.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film horor bisa menjadi karya yang paling menakutkan, ketika penonton tidak bisa membedakan apakah cerita itu nyata atau tidak. Tidak semua film horor harus mengandalkan jumpscare, efek khusus, dan setan bertanduk untuk menjadi menakutkan. 

Terkadang lebih 'menyenangkan' hanya dengan mengacaukan dan mengubah persepsi penonton. Berikut adalah film horror terbaik yang menimbulkan pertanyaan, "Apakah kisah ini nyata?", seperti dilansir di laman Screen Rant, Rabu (23/6):

1. The Others

photo
Film The Others. - (Warner Sogefilms)

 

Film ini dianggap memiliki salah satu plot twist terbesar dalam sejarah film horor. The Others adalah pendekatan unik untuk film rumah berhantu. Film ini memberikan salah satu akhir terbesar dan terbaik, yang akan membuat hampir semua penonton menggaruk-garuk kepala.

2. American Psycho

photo
Film American Psycho. - (Lions Gate Films)

 

Garis antara kenyataan dan imajinasi terus-menerus kabur sepanjang produksi dan telah menjadi bahan perdebatan selama bertahun-tahun. Sedikit tidak masuk akal, tetapi sangat menakutkan, film ini tentang pertumpahan darah pada era 1980-an. Karakter Patrick dalam film membunuh banyak orang, tetapi mayat-mayat itu tampaknya menghilang, bahkan beberapa masih hidup pada kemudian hari.

3. 1408

photo
Film 1408. - (Dimension Films/MGM)

 

Seiring dengan film It dan Secret Window, Stephen King memiliki bakat bonafide untuk mengubah kenyataan. Film 1408 berkisah tentang seorang penulis yang skeptis menghabiskan malam di kamar hotel berhantu yang berbahaya, dia diganggu oleh sejarah angker hotel dan masa lalunya yang kelam.

4. Secret Window

photo
Film Secret Window. - (Sony Pictures Releasingctures Releasing)

 

Film ini memiliki lebih banyak plot twist dibandingkan hanya sekedar perjalanan gelap di Disneyland. Film juga dilengkapi dengan semua hiasan dan ornamen dari cerita horor dan studi karakter psikologis. Saat seorang penulis dituduh melakukan plagiarisme oleh orang asing yang misterius, dia diliputi oleh ancaman kekerasan dan dendam misterius dari penuduhnya.

5. The Lighthouse

photo
Film The Lighthouse. - (A24)

 

Film ini mendapatkan reputasi sebagai salah satu film horor paling ambigu. Beberapa faktor aneh dan tidak biasa berkontribusi pada realitas film yang goyah. 

Di satu sisi, hal itu bisa menjadi efek dari isolasi berkepanjangan dan kelaparan yang terjadi di dua sumbu. Di sisi lain, itu semua bisa menjadi halusinasi raksasa dari hati nurani Ephriam Winslow yang bersalah.

6. Black Swan

photo
Film Black Swan. - (Searchlight Pictures)

 

Sebuah thriller psikologis yang baik, mengeksplorasi psikosis retak dari karakter utama dengan visual yang mengesankan dan artistik. Film ini tidak hanya menunjukkan sekilas dunia balet yang kejam, tetapi juga dengan cara yang kreatif dan unik untuk memvisualisasikan gangguan mental karakter utamanya.

7. It

photo
Karakter Pennywise dalam film IT. - (Warner Bros)

 

Badut Pennywise adalah 100 persen nyata, fakta itu dibuat sejak dini. Namun para penggemar baik buku dan adaptasi film, akan tahu bahwa dia bukan satu-satunya entitas jahat yang menyebut rumah Derry. Memang, sebagian besar pertemuan mengerikan yang dialami oleh The Losers adalah milik badut iblis tertentu, tetapi bagaimana dengan produk dari trauma masa kecil mereka sendiri?

8. The Haunting (Versi 1963)

photo
Film The Haunting. - (Metro-Goldwyn-Mayer)

 

Meskipun adaptasi Netflix dari film horor klasik Shirley Jackson mungkin merupakan versi yang lebih populer, namun ilm horor asli yang menampilkan judul Hill House ini memulai debutnya pada 1963. Penonton tidak akan menemukan hantu CGI atau efek khusus grafis, tetapi mereka akan disuguhi kejadian berhantu dalam skala yang lebih halus.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement