Rabu 23 Jun 2021 14:38 WIB

Argentina dan Cile Genggam Tiket Perempat Final Copa

Argentina mengoleksi tujuh poin dari tiga pertandingan dan memuncaki Grup A.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Bintang Argentina Lionel Messi.
Foto: EPA-EFE/Juan Mabromata
Bintang Argentina Lionel Messi.

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Argentina dan Cile dipastikan mengamankan tempat di perempat final Copa America 2021. Argentina mengalahkan Paraguay 1-0 pada Selasa (22/6).

Kemenangan di Brasilia tersebut merupakan yang kedua secara beruntun dengan skor 1-0 dalam turnamen antarnegara Amerika Latin. Selain itu, Argentina juga tak terkalahkan dalam 16 pertandingan, sejak kalah di semifinal Copa America 2019.

Argentina pun mengoleksi tujuh poin dari tiga pertandingan dan memuncaki Grup A. Skuad Tango dua poin di atas Cile, empat poin dari Paraguay, dan unggul enam poin atas Uruguay.

Sementara, Bolivia harus puas menjadi penghuni juru kunci setelah gagal mendapatkan poin dari dua pertandingan. Empat dari lima tim bakal lolos dari fase grup sehingga Argentina pun memastikan diri ke perempat final.

''Kami lolos, tapi harus terus memperbaiki diri. Kami menjalani babak pertama yang luar biasa, intensitas kami tak sama di babak kedua. Tapi lawan tidak memiliki banyak peluang di depan gawang,'' ujar bek Argentina, German Pezzella, dikutip dari ESPN, Selasa (22/6).

Dalam pertandingan ini, bintang Argentina Lionel Messi juga menyamai rekor penampilan untuk Argentina miliki Javier Mascherano, dengan total 147 pertandingan. Adapun Sergio Aguero melakoni laga perdananya bersama timnas Argentina sejak November 2019. Namun penampilannya di lini serang tim Tango tak terlalu mencolok, dibandingkan dengan Angel di Maria dan Messi.

Pada pertandingan lain, gol bunuh diri gelandang Cile Arturo Vidal di pertengahan babak kedua, membuat Uruguay mendapatkan gol pertama dalam lima pertandingan terakhir. Vidal memberikan Uruguay satu poin dalam laga ini, setelah bermain imbang 1-1.

Cile tampil lebih baik dalam laga ini dan sudah unggul pada menit 26 berkat gol dari Eduardo Vargas. Itu merupakan gol ke-14 Varga di Copa America, dan membuatnya bergabung dalam lima pencetak gol terbanyak kompetisi antarnegara Amerika Latin tersebut.

Uruguay akhirnya mencetak gol pertama dalam empat laga terakhir di Copa America. Striker Uruguay Luis Suarez terlihat menyundul bola usai memanfaatkan umpan Matias Vecino. Awalnya gol itu diberikan wasit kepada Suarez, tapi kemudian dianggap menjadi gol bunuh diri Vidal. Vidal sempat komplain karena merasa dilanggar Suarez.

Meski meraih hasil imbang, Cile tetap mendampingi Argentina lolos ke perempat final. Jelang pertandingan ini, Cile diterpa kontroversial karena skuad asuhan Martin Lasarte itu melanggar protokol kesehatan Covid-19.

Beberapa pemain Cile tepergok membawa wanita ke dalam kamar hotel. Namun, Lasarte membela pemainnya dan siap mundur jika terbukti melanggar aturan. Ia menegaskan pemainnya tak melakukan apapun yang dituduhkan.

''Kami harus memberikan contoh positif. Satu-satunya contoh dari tindakan indisipliner ini telah diselesaikan dan apa yang telah dikatakan soal enam pemain kami tidaklah benar,'' tegas Lasarte dikutip dari Marca.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement