Rabu 23 Jun 2021 13:45 WIB

UB Terima 5.400 Camaba Jalur Mandiri 

UB menggunakan prestasi akademik (raport) dan nilai UBTK.

Rep: Wilda Fizriyani / Red: Agus Yulianto
Universitas Brawijaya
Foto: Universitas Brawijaya
Universitas Brawijaya

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Brawijaya (UB) menerima 5.400 calon mahasiswa baru (camaba) dari jalur Seleksi Masuk Mandiri Gelombang Pertama. Pengumuman penerimaan mahasiswa telah dilakukan secara resmi pada Selasa (22/6).

Wakil Rektor Bidang Akademik UB, Profesor Aulanni’am mengatakan, jumlah yang diterima merupakan delapan persen dari 35.375 pendaftar Seleksi Mandiri Gelombang Pertama. Pelaksanaan seleksi mandiri di Universitas Brawijaya (UB) sendiri terbagi atas dua gelombang. Seleksi mandiri gelombang pertama dan kedua diperuntukkan program sarjana dan pendidikan vokasi.  

Menurut Aulanni'am, sistem seleksi mandiri UB tidak berbeda dengan tahun lalu. "UB menggunakan prestasi akademik (raport) dan nilai UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer)," kata Aulanni'am di Kota Malang, Rabu (23/6).

Seleksi Mandiri Gelombang Pertama dilaksanakan pada 2 Juni hingga 16 Juni dengan hasil diumumkan pada 22 Juni 2021. Sementara pendaftaran seleksi mandiri gelombang kedua dilakukan pada 18 Juni hingga 13 Juli 2021. Pengumuman hasil seleksi tahap ini akan diselenggarakan pada 17 Juli 2021.

Aulanni'am berharap, seleksi mandiri yang diadakan sebanyak dua gelombang dapat memberikan manfaat. Hal ini terutama untuk siswa berprestasi yang belum beruntung pada SNMPTN dan SBMPTN. Mereka diharapkan bisa terjaring di UB melalui jalur seleksi mandiri tersebut.

"Lalu bagi siswa yang belum lolos pada seleksi mandiri gelombang pertama masih bisa mengikuti gelombang kedua dan seleksi jalur vokasi," kata dia menambahkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement