Southgate Pastikan Tim Tiga Singa Lebih Siap di 16 Besar

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Manajer Inggris Gareth Southgate berjalan keluar dari lapangan sebelum pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Inggris dan Skotlandia, di stadion Wembley, di London, Sabtu (19/6) dini hari WIB.
Manajer Inggris Gareth Southgate berjalan keluar dari lapangan sebelum pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Inggris dan Skotlandia, di stadion Wembley, di London, Sabtu (19/6) dini hari WIB. Foto: AP /Matt Dunham, Pool
Inggris sendiri bisa saja bertemu Prancis, Portugal, atau Jerman di babak 16 besar.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Inggris melaju ke babak 16 besar Euro 2020 setelah menaklukan Republik Ceska, Stadion Wembley, London, Rabu (23/6) dini hari WIB. Skor 1-0 tercipta dari sundulan Raheem Sterling di menit 12. 

Kemenangan ini menempatkan Inggris sebagai juara grup D. Mereka akan menantikan lawan dari tim posisi kedua grup F yang baru akan bertanding pada Kamis (24/6) dini hari WIB.

"Dalam tiga pertandingan yang kami lakukan, dua lawan adalah Kroasia dan Republik Ceska, yang menurut saya level bermain mereka sangat bagus. Kemudian kami juga menghadapi Skotlandia yang menjadi pengalaman unik bagi tim," kata manajer timnas Inggris, Gareth Southgate dilansir dari laman Northern Echo, Rabu (23/6).

Southgate yakin timnya berada di jalur yang benar. Inggris sendiri bisa saja bertemu Prancis, Portugal, ataupun Jerman di babak 16 besar. 

"Ketiga tim ini membawa beberapa pemain berpengalaman dan siapapun yang akan kami temui, ini akan jadi lawan yang sangat tangguh. Tapi kami sudah tahu rute yang dilalui selama 18 bulan ini," kata Southgate.

Menurutnya, banyak hal positif dari timnya. Salah satunya adalah tim yang terus berkembang dan dapat membuktikan bawa Inggris sulit untuk dilawan.

"Ada banyak lagi yang akan datang dari kami dan kedalaman skuad sangat penting karena kami mampu mengubah banyak hal," kata Southgate.

Persiapan Inggris menghadapi Ceska sendiri sempat terganggu urusan nonteknis dimana Mason Mount dan Ben Chilwell terpaksa mengisolasi diri setelah dianggap kontak erat dengan gelandang Skotlandia, Billy Gilmour yang terkonfirmasi Covid-19. Keduanya tidak bisa bermain sebelum menyelesaikan isolasi mandiri hingga Selasa pekan depan.

"Kami sangat waspada dengan Covid selama ini. Terus terang, bagaimana kita menjadi tidak terikat dengan apa yang terjadi adalah di luar nalar saya," kata Southgate.

"Rasanya sangat berat bagi dua pemain itu. Itu tidak membantu kami sebagai tim, tapi menghancurkan kedua pemain itu karena harus absen," kata dia menambahkan.

Terkait


Harry Maguire dari Inggris.

Maguire Berlatih Terpisah Jelang Inggris Vs Jerman

Ashley Cole

Ashley Cole Klaim Mason Mount Sosok Penting Timnas Inggris

Joshua Kimmich dari Jerman bereaksi setelah pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Portugal dan Jerman di Munich, Jerman, 19 Juni 2021.

Pujian Kimmich untuk Performa Mengkilap Inggris

Cristiano Ronaldo dari Portugal merayakan setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 grup F UEFA EURO 2020 antara Portugal dan Prancis di Budapest, Hongaria, 24 Juni 2021.

Samai Rekor Gol, Ronaldo Dapat Selamat dari Ali Daei

Pemain Kroasia Nikola Vlasic, tengah, merayakan setelah mencetak gol pembuka ke gawang kiper Skotlandia David Marshall pada pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Kroasia dan Skotlandia di Stadion Hampden Park di Glasgow,  Rabu (23/6) dini hari WIB.

16 Besar Euro 2020: Jadwal dan Ringkasan Pratinjau Laga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image