Rabu 23 Jun 2021 12:51 WIB

Komet Raksasa Berdiameter 130 Km Terbang Menuju Bumi

Objek tersebut diperkirakan memiliki diameter 130 hingga 370 kilometer

Komet (ilustrasi)
Foto: NASA/Komet C/2007 Q3
Komet (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para astronom menemukan ada objek besar yang bergerak dari jangkauan terluar tata surya akan mendekati orbit Saturnus dalam dekade mendatang. Objek itu adalah komet raksasa.

Komet tersebut, yang dikenal sebagai UN271, pertama kali ditemukan oleh Dark Energy Survey (DES). Ini adalah sebuah proyek kolaborasi internasional yang dimulai pada tahun 2013 yang bertujuan untuk memetakan galaksi, mendeteksi supernova dan mengungkap misteri tentang energi gelap.

Baca Juga

Dilansir dari Fox, menurut para ilmuwan, bongkahan batu dan es itu diperkirakan berdiameter sekitar 130 hingga 370 kilometer. Beberapa ilmuwan mengelompokan UN271 2014 sebagai ukuran planet kerdil kecil, meskipun astronom Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics Jonathan McDowell mempertanyakan analisis itu.

"Sepertinya mungkin terlalu kecil untuk memenuhi syarat sebagai planet kerdil?" tulisnya di Twitter. "Tapi sangat keren."

Gambar Objek Trans-Neptunus (TNO) yang diposting oleh astronom Universitas Pennsylvania Pedro Bernardinelli menunjukkan gumpalan besar berwarna putih. Gambar ini terdiri dari beberapa gambar DES yang diambil selama periode tahun antara 2014 dan 2018.

Orbit komet raksasa ini telah diperbarui beberapa kali, tetapi sangat panjang, mencapai  ratusan miliar kilometer dari matahari  dan membutuhkan waktu sekitar 600.000 tahun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement